Indonesia Positif Universitas Islam Malang

Dosen Karyawan Fakultas Teknik Unisma Malang Sambang Siswa Siswa Pati

Rabu, 26 Februari 2020 - 14:23 | 127.73k
Dekan FT Unisma Malang bersama Kepala Sekolah MA. Abadiyah Gabus. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
Dekan FT Unisma Malang bersama Kepala Sekolah MA. Abadiyah Gabus. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
FOKUS

Universitas Islam Malang

TIMESINDONESIA, MALANG – Dosen serta karyawan Fakultas Teknik Unisma Malang mengunjungi Kabupaten Pati, Jawa Tengah.

Kunjungan yang berlangsung 3 hari (3-5/2) itu merupakan kegiatan pengabdian masyarakat.

Rombongan FT Unisma mengunjungi beberapa sekolah di Pati, seperti SMK An Najah Kayen-Pati, MA. Walisongo Kayen-Pati, MA. Abadiyah Gabus-Pati dan MA. Matholi'ul Hida Pucukwangi-Pati.

Para dosen melakukan pengabdian berupa penyuluhan untuk memotivasi siswa siswi di sekolah-sekolah tersebut dan ada yang memberi penyuluhan motivasi studi lanjut,  bagaimana hemat memakai energi listrik serta bagaimana mengolah sampah menjadi berkah.

Ir. Unung Lesmanah, M.T. dan tim yang saat itu bertugas di SMK An Najah dan MA. Walisongo Kayen-Pati mengungkapkan rasa bahagianya melihat langsung murid-murid yang sangat antusias dan dengan serius mendengarkan apa yang dipaparkannya. 

Unisma-Malang.jpgWakil Dekan 3 FT Unisma bersama M. Aniq Hariri, SH, M.Pd (Kepala SMK An Najah Kayen-Pati yang juga alumni FH Unisma)

INFORMASI SEPUTAR UNISMA MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

Motivasi merupakan hal yang banyak diperbincangkan di kalangan masyarakat, motivasi identik dengan dorongan yang melatarbelakangi seseorang untuk melakukan sesuatu. 

Dengan berakhirnya suatu pendidikan formal, diharapkan seseorang dapat memasuki dunia kerja, demikian halnya dengan pendidikan di SMA/SMK/MA sederajat, dimana kurikulumnya dirancang untuk mempersiapkan para siswa melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya, yakni memasuki perguruan tinggi atau masuk ke dunia kerja.

Unung panggilan akrab yang sekarang sekaligus sebagai Wakil Dekan 3 menjelaskan begitu pentingnya studi lanjut.

Presentasi yang merupakan kegiatan pengabdian masyarakat dengan judul Penggunaan Listrik Hemat yang disampaikan oleh H.M Taqijuddin, ST., MT. Presentasi ini menjelaskan alasan mengapa penggunaan energi harus hemat dan tips penghematan energi dalam kehidupan sehari-hari.

Kegiatan pengabdian masyarakat dilanjutkan dengan presentasi tentang Teknologi pengolahan sampah berbasis 4R oleh Ismi Choirotin, ST., MT., MSc. Titik berat presentasi ini adalah bagaimana merubah mindset siswa untuk meminimalisir sampah dan mengolah sampah menjadi sumber energi dengan berbagai macam teknologi seperti pirolisis, insenerasi, penguraian bakteri, dan lain-lain.

Pada saat ini juga dilakukan penandatangan MOU antara Fakultas Teknik Unisma dengan kepala sekolah SMK-An-Najah (M. Aniq Hariri, S.H., M.Pd) dan MA Walisongo (Sunoto, S.Ag., S.Pd.) disaksikan ketua yayasan Walisongo Kayen-Pati.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

Kunjungan ke MA. Matholi’ul Huda Pucukwangi-Pati yang dipimpin oleh Drs. H. Abdul Aziz., M.Pd.I. tim pengabdi dari dosen- dosen jurusan teknik mesin sampah dijadikan berkah dengan menerapkan program 4R (Reduce, Reuse, Recycle, Replace).

4R menjadi salah satu solusi dalam menjaga lingkungan di sekitar kita yang mudah dan murah untuk dilakukan disamping mengolah sampah-sampah menjadi kompos atau memanfaatkan sampah menjadi sumber energi.

Proses mengubah sampah menjadi listrik dan energi yang bermanfaat lainnya biasa dikenal dengan proses  Waste-to-Energy (WtE).

Selain melakukan pengabdian di Pati, berbagai peran aktif yang dilakukan oleh Tim Fakultas Teknik yang sudah dilakukan yaitu Pelatihan Pembuatan BBM dari Sampah dengan pirolisis oleh  Dr. Ir. Priyagung Hartono, M.T, Pemanfaatan sampah plastik LDPE sebagai bahan bakar biodiesel dan etanol oleh Dr. Ena Marlina, S.T. M.T., yang juga aktif  bergabung di  Bank Sampah dan Forum 3R  Asia Pasifik.

Dalam rangka melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, dosen Teknik Sipil menyampaikan penyuluhan mengenai manajemen DAS (Daerah Aliran Sungai).

Adapun Kelompok dosen dari prodi Teknik Elektro memberikan penyuluhan mengenai cara hemat dan aman dalam memanfaatkan energi listrik rumah tangga. 

Tim pengabdian masyarakat dari jurusan teknik elektro yang disampaikan oleh Ketua prodinya bpk M. Jasa Afroni,S.T., M.T., Ph.D,

Sedangkan tim yang terdiri dari. H. Warsito, M.T. (Dekan Fak. Teknik) melakukan silaturrohiem di MA. Abadiyah Gabus-Pati bersama dengan dosen dan karyawan yang melakukan hal yang sama dilanjutkan penadatanganan kerjasama dengan kepala madrasah Abdul Kalim, M.M., M.Pd.I.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

Selain kegitan pengabdian masyarakat, kegiatan temu alumni Unisma juga dilaksanakan di SMK An-Najah, yang dihadiri sekitar 20 alumni Unisma se-Kabupaten Pati. Dari kegiatan temu alumni ini disepakati untuk pembentukan ikatan alumni Unisma cabang Pati. 

Ikatan alumni ini nantinya akan bekerja sama dengan Unisma Malang untuk membantu pelajar dari Pati dalam melanjutkan pendidikan ke jenjang pendidikan tinggi baik melalui program beasiswa ataupun bantuan alumni. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES