Indonesia Positif Universitas Islam Malang

Genjot Kesadaran Pajak, Relawan Pajak FEB Unisma Malang Beri Asistensi Wajib Pajak

Selasa, 25 Februari 2020 - 10:00 | 90.77k
Penyematan secara simbolis kepada Relawan Pajak FEB Unisma Malang. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
Penyematan secara simbolis kepada Relawan Pajak FEB Unisma Malang. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
FOKUS

Universitas Islam Malang

TIMESINDONESIA, MALANG – Dekan FEB Unisma Malang melepas Tim Relawan Pajak Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unisma Malang  di Ruang Multimedia Gedung Al-Hambaloi Lantai 3, Sabtu (15/2).

Nur Diana, S.E., M.Si.  Dekan FEB Unisma mengatakan pelepasan ini diselenggrakan guna menerjunkan secara langsung tim relawan setelah selama 3 bulan digodok diklat relawan pajak di Tax Center FEB UNISMA.

Lebih lanjut Nur Diana menyampaikan bahwa Kegiatan Relawan Pajak ini diadakan sebagai tindak lanjut dari pembentukan Tax Center yang ada di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang sejak Tahun 2017 lalu.

Namun juga sebagai bentuk salah satu komitmen FEB Unsima dan Kanwil DJP Jawa Timur III untuk melakukan edukasi dan sosialisasi yang lebih masif dalam rangka mengoptimalkan proses penyampaian SPT Tahunan.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

Nur-Diana.jpg

Hasil laporan tim Tax Center ini, pada tahun 2020 ini, jumlah mahasiswa yang mendaftarkan diri menjadi Relawan Pajak meningkat hampir dua kali lipat apabila dibandingkan dengan tahun 2019.

Sebanyak 100 orang mahasiswa dari berbagai jurusan telah diseleksi dan dipilih oleh pihak kampus untuk menjadi Relawan Pajak yang nantinya akan berperan dalam kegiatan kampanye, sosialisasi dan asistensi terkait penyampaian SPT Tahunan yang dilakukan oleh KPP Pratama Kota Malang dan Kota Batu.

"Ini merupakan berita yang menggembirakan, setelah tahun 2019 kemarin Tax Center FEB Unisma mendapatkan penghargaan dari Kanwil DJP Jawa TImur III sebagai Tax Center Pilot Project Pembelajaran Inklusi Kesadaran Pajak, telah direspon positif dengan jumlah yang semakin meningkat untuk menjadi Relawan Pajak," jelas Nur Diana.

Ia mengatakan hal ini sejalan dengan konsep Kampus Merdeka, dimana perguruan tinggi harus memberikan kebebasan kepada mahasiswanya untuk belajar.

Maka dari itu FEB Unisma sejak dini mungkin melakukan kerjasam dengan industry sebagai saran untuk tempat pemagangan. Ini wujud nyata langkah FEB UNISMA dengan menggandeng Kanwil DPJ Jawa Timur III.

Pada kesempatan tersebut Dekan FEB Unisma yang juga didaulat menjadi narasumber materi pemantapan kepada tim relawan wajib pajak ini memberikan pentingnya Code of Conduct bagi Relawan Pajak FEB Unisma.

Dalam paparannya ia menekankan kode perilaku etis tim relawna pajak harus objektif, independen dan menjaga kerahasiaan wajib pajak yang diasistensi mereka.

Pimpinan-FEB-Unisma.jpg

Menurutnya sebagai relawan wajib pajak anda dilarang menciptakan konflik kepentingan diantara berbagai pihak, agar tidak menimbulkan perselisihan dan anda diharamkan untuk menerima atau meminta sesuatu dalam bentuk appaun kepada wajib pajak.

“Ingat Tugas anda adalah asistensi dan harus berpegang teguh pada Kode Perilaku Etis Relawan Pajak,” pesannya.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

Dari keseluruhan materi yang harus diikuti tim relawan pajak selama 3 bulan di Tax Center FEB Unisma meliputi materi pelatihan meliputi teknis tata cara pengisian SPT Tahunan secara e-Filing untuk SPT 1770 S dan 1770SS, materi penyusunan laporan keuangan berbasis Android, Code of Conduct Relawan Pajak.

Untuk pengisian SPT Tahunan tersebut dilakukan secara online menggunakan handphone dan komputer. Selain itu para mahasiswa juga diberikan materi mengenai hak dan kewajiban wajib pajak serta manfaat pajak agar para Relawan Pajak semakin memahami akan pentingnya pajak bagi bangsa dan negara, dan yang terpenting dapat memberikan pemahaman yang benar dan jelas kepada seluruh masyarakat pada saat asistensi nantinya.

Relawan Pajak ini akan ditugaskan mulai awal Februari untuk melakukan asistensi di Pos Pelayanan Pajak yang berlokasi di beberapa satuan kerja pemerintah dan beberapa tempat lain di Kota Malang dan Kota Batu.

"Para Relawan Pajak ini diharapkan dapat melakukan kampanye pajak dan dapat melakukan pendampingan langsung bagi masyarakat khususnya di mana mereka akan melaksanakan tugasnya," ungkap Umi Nadhiroh selaku Ketua Tax Center FEB Unisma Malang(*)

INFORMASI SEPUTAR UNISMA MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES