Peristiwa Daerah

Sekda Bondowoso Dukung Perda Inisiatif Fraksi PKB Tentang Pesantren

Selasa, 25 Februari 2020 - 11:43 | 59.20k
Sekretaris Daerah Kabupaten Bondowoso H Syaifullah. (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)
Sekretaris Daerah Kabupaten Bondowoso H Syaifullah. (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BONDOWOSOSekda Bondowoso, Syaifullah memberikan dukungan penuh atas gagasan Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (F-PKB) DPRD Kabupaten Bondowoso untuk membuat Perda Inisiatif tentang pesantren.

"Melalui Perda pesantren ini sangat luar biasa, dan kami dukung. Apalagi dari Fraksi PKB yang berbasis kultural dari Nahdlatul Ulama," katanya pada TIMES Indonesia, Selasa (25/2/2020).

Adapun alasan Sekda mendukung upaya Perda tersebut, karena pesantren merupakan bagian terpenting dari perjuangan bangsa, serta menjadi tempat menempa kehidupan bangsa yang lebih baik.

"Di pesantren itu ditumbuhkan peningkatan SDM, kemampuan untuk berbuat kebaikan, intelektual juga dibangun," terangnya.

Oleh karena itu, Sekda Syaifullah meyakini harus ada peraturan bagaimana negara atau pemerintah mengatur pondok pesantren, melalui pembangunan yang insentif untuk kebaikan yang lain.

"Jadi kami dukung penuh, terimakasih para sahabat saya, para mitra saya, di Fraksi PKB. Monggo kita terus bergerak," tegasnya.

Sekda menyebut memang sejauh ini Pemkab masih hanya memberikan honor kepada guru ngaji. Namun ke depan pembangunan fasilitasnya akan diupayakan.

Menurutnya, Pemkab Bondowoso telah memulai dengan tindakan di mana sebanyak tujuh perbankan setempat, sesuai instruksi bupati, diminta menggunakan dana CSR-nya untuk mebangun MCK di pesantren.

"Ada 80 sampai 90 persen dana CSR lembaga perbankan yang ada di Bondowoso kita larikan ke MCK. Tapi pesantren yang kecil-kecil dulu," paparnya.

Sekda Bondowoso, Syaifullah juga optimistis dengan Perda tersebut pesantren di Bondowoso bisa maju. Bahkan menjadi referensi bagi masyarakat dan umat Islam Indonesia. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Bondowoso

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES