Peristiwa Daerah Tragedi Sungai Sempor Jogja

Gabungan Tim Relawan UGM Beri Pendampingan Psikologis di SMPN 1 Turi

Selasa, 25 Februari 2020 - 10:20 | 37.14k
Tim relawan UGM saat melakukan pendampingan di SMPN 1 Turi. (FOTO: Humas UGM/TIMES Indonesia)
Tim relawan UGM saat melakukan pendampingan di SMPN 1 Turi. (FOTO: Humas UGM/TIMES Indonesia)
FOKUS

Tragedi Sungai Sempor Jogja

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTA – Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada (UGM) turut berpartisipasi dalam progam pendampingan psikologis kepada para siswa SMPN 1 Turi, Sleman yang selamat dari musibah susur Sungai Sempor pada Jumat (21/2/2020) lalu.

Tak hanya siswa, tim juga melakukan pendampingan psikologis kepada orang tua siswa korban peristiwa nahas tersebut. Tim relawan UGM ini terdiri dari para dosen, mahasiswa dan alumni.

Selain dari Fakultas Psikologi, tim relawan dari Gelanggang Emergency Response (GER) UGM juga telah membangun posko bantuan di Gelanggang. Tim yang terbentuk dari UKM-UKM di UGM ini turut mengirimkan bantuan tenaga selama proses pencarian korban yang hilang terseret arus.

Ketua HIMPSI DIY, Drs Helly Prajitno Soetjipto, MA mengatakan program ini dilakukan mengingat suasana duka yang masih menyelimuti seluruh warga SMPN 1 Turi. Bahkan kegiatan belajar mengajar yang seharusnya kembali efektif harus ditunda demi mengantisipasi dampak psikologis peristiwa Jumat lalu itu.

Helly yang ikut menyalami para siswa dan hadir ke sekolah bersama para guru, mengaku trenyuh melihat semangat para siswa untuk masuk sekolah.

"Saya mengapresiasi kehadiran mereka pagi hari ini. Mungkin ada di antara mereka yang biasanya datang berkelompok untuk masuk sekolah, tapi hari ini kehilangan salah seorang temannya. Namun, dengan kehadiran mereka pagi tadi menunjukkan mereka telah berani," tutur Helly di SMPN 1 Turi, Senin (24/2/2020)

Menurut Helly, upaya ini merupakan Psychological First Aid. Jika pada kecelakaan dilakukan pertolongan pertama medis untuk mengobati luka fisik. Namun, dalam peristiwa ini diperlukan pula pendampingan psikologis untuk menjaga kesehatan mental yang mungkin saja ikut terguncang.

Ia berharap agar musibah susur Sungai Sempor ini segera teratasi. "Siswa (SMPN 1 Turi) yang kini masih di rawat di rumah sakit bisa segera sembuh. Serta para siswa yang telah masuk ini bisa kembali seperti sedia kala dan dapat melanjutkan proses belajar mereka. Mohon doanya saja," kata Dosen Fakultas Psikologi UGM ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Yogyakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES