Peristiwa Daerah

Diawali Kirab, Prosesi Jolen Bumbung Digelar di Cilacap

Selasa, 25 Februari 2020 - 08:54 | 31.26k
Wabup saat prosesi bumbung, kepala daerah melepas pawai jolen bumbing. (FOTO: Hermawan/TIMES Indonesia)
Wabup saat prosesi bumbung, kepala daerah melepas pawai jolen bumbing. (FOTO: Hermawan/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, CILACAP – Desa Pesanggrahan, Kecamatan Kroya, Cilacap, Jawa Tengah pada Senin (24/2/2020) menggelar prosesi Bobok Bumbung di lapangan desa setempat.

Dalam kegiatan yang diawali kirab jolen bumbung mengelilingi wilayah desa ini, Kepala Desa Pesanggrahan Sarjo mengatakan ini merupakan tradisi nenek moyang.  "Kami hidupkan kembali pada tahun 2015, sampai sekarang sudah berlangsung yang ke-6," ujarnya.

Menurutnya, ada sekitar 1.033 wajib pajak di desa ini dan pajak yang terkumpul nyaris sebanyak Rp Rp 70 juta.

prosesi-bumbung-b.jpg

Partisipasi wajib pajak dan antusiasme warga dalam menyambut acara ini membuat konsepnya tiap tahun selalu berubah. Seperti tahun ini, sengaja dibuat panggung terbuka, dengan backdrop atau latar belakang semacam gapura dari bambu.

"Tujuannya agar pergelaran ini lebih terlihat spektakuler. Itu semua tak lepas dari kiprah Pemerintah Desa Pesanggrahan yang terus berinovasi, supaya gelaran tiap tahun ini semakin menarik," imbuh Sarjo.

Tahun ini, agenda acara sudah berlangsung dari Jumat (21/2/2020). Dan tiap gerbang rumah dibuatkan gapura dari daun kelapa atau janur yang mengandung arti meramaikan dan menginformasikan kepada warga lain desa tentang acara di Desa Pesanggrahan ini.

Sarjo menghargai kesadaran masyarakat yang cukup tinggi dalam berswadaya demi suksesnya acara. Sekitar sebulan persiapan ini dilakukan oleh warga, selain dana swadaya, pemdes juga mendapatkan bantuan dari sponsor.

prosesi-bumbung-c.jpg

Sementara Wakil Bupati Syamsul Auliya Rachman mengapresiasi kegiatan ini, terutama atas tingginya kesadaran masyarakat dalam membayar pajak. "Tidak hanya itu, di dalamnya ada pelestarian seni budaya lokal, serta semangat kebersamaan dan gotong-royong," ungkapnya.

Syamsul berharap dengan prosesi keenam ini, acara akan berjalan terus. "Dan akan kami evaluasi, semoga kedepan dapat menarik wisatawan dari luar daerah," tukasnya.

Turut hadir di acara ini Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermades) Achmad Arifin Santosa Raden, Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Heroe Harjanto, Camat Kroya Luhur Satrio Muchsin, Forkopimcam Kroya, para kepala desa se-Kecamatan Kroya, Cilacap. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Cilacap

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES