Pemerintahan

SAKIP Award 2019, Raja Ampat dan Wondama Jadi Kabupaten Terbaik di Papua

Senin, 24 Februari 2020 - 21:09 | 69.96k
Bupati Raja Ampat Menerima Penghargaan
Bupati Raja Ampat Menerima Penghargaan

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTA – Kabupaten Raja Ampat dan Kabupaten Teluk Wondama Provinsi Papua Barat telah Dinobatkan  sebagai Kabupaten Terbaik di tanah Papua dalam ajang SAKIP AWARD 2019 di Yogyakarta, Minggu (23/02/2020) malam.

Di tahun 2018, Raja Ampat hanya mendapat predikat CC. Namun pada tahun 2019, Pemda Raja Ampat sukses memantapkan posisinya sehingga dapat meraih predikat B dalam soal Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah.

Adanya perbaikan posisi tersebut menunjukan komitmen dan keseriusan Pemda Raja Ampat dalam mendorong efisiensi,transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah.

Raja Ampat bersama Kabupaten Wondama mendapat rapor "B".

Bupati Raja Ampat, Abdul Faris Umlati, SE, yang didampingi Kepala Inspektorat Raja Ampat, Muhidin Tafalas dan Kepala BAPPEDA, Abdul Rahman Wairoi seusai menerima penghargaan menyatakan, penilaian ini sangat objektif dilakukan oleh BPK dan Kementerian/Lembaga berkompeten.

"Karena itu, kita perlu bangga," ucapnya. "Karena di Papua Barat hanya dua Kabupaten yang dapat predikat B yaitu Raja Ampat dan Wondama, sedangkan di Provinsi Papua, tidak ada Kabupaten yang dapat predikat B. Ini sudah jelas bahwa indikator kinerja Pemerintah Daerah Raja Ampat sudah baik," imbuhnya. 

Bupati menegaskan, Pemda akan terus bekerja keras sehingga pada tahun mendatang Raja Ampat bisa mendapatkan predikat atau rapor A.

Sebagai informasi, SAKIP Award merupakan sebuah ajang yang diinisiasi oleh Pemerintah melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Satu bentuk apresiasi dan penyerahan hasil evaluasi sistem akuntabilitas kinerja instansi Pemerintah Daerah. Sebanyak 190 Pemerintah Daerah diberikan hasil evaluasi serta rekomendasi guna meningkatkan efektivitas, dan efisiensi penggunaan anggaran. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES