Peristiwa Daerah

Sensus Penduduk Online Terkendala Kawasan Black Spot

Senin, 24 Februari 2020 - 16:09 | 36.28k
Suasana sosialisasi Sensus Penduduk Online tahun 2020 di Pendopo Kecamatan Bumiaji. (Foto: Muhammad Dhani Rahman/TIMES Indonesia) 
Suasana sosialisasi Sensus Penduduk Online tahun 2020 di Pendopo Kecamatan Bumiaji. (Foto: Muhammad Dhani Rahman/TIMES Indonesia) 

TIMESINDONESIA, BATUSensus Penduduk Online tahun 2020 di wilayah Kota Batu terkendala beberapa kawasan black spot alias tidak terjangkau sinyal internet. 

Hal ini terjadi di wilayah Kecamatan Bumiaji, masih ada kawasan yang tidak terjangkau sinyal internet sehingga tidak memungkinkan untuk melakukan sensus penduduk online di wilayah ini. 

Bahkan wilayah yang belum terjangkau Internet di Kecamatan Bumiaji cukup besar, berkisar 30 persen. Mengantisipasi hal tersebut, BPS Kota Batu menggelar sosialisasi Sensus Penduduk Online tahun 2020 di Pendopo Kecamatan Bumiaji, Senin (24/2/2020). 

"Kendala di Bumiaji tidak semua terakses internet, seperti di Desa Sumberbrantas, Dusun Brau, Desa Gunungsari, Dusun Rekesan, Desa Bulukerto susah sinyalnya," ujar Koordinator Statistik Kecamatan Bumiaji, Arief Adi Siswanto. 

Suasana-sosialisasi-Sensus-Penduduk-Online-tahun-2020-b.jpg

Salah satu solusi yang disiapkan adalah BPS sudah berkoordinasi dengan desa untuk membantu memfasilitasi warganya yang rumahnya berada di daerah blackspot. 

Selain itu, BPS juga menyiapkan dua mitra BPS yang selalu standby di masing-masing desa untuk membantu warga yang kesulitan untuk mengakses Sensus Penduduk Online tahun 2020 ini. 

Lebih lanjut, Arief menjelaskan karena itulah dalam sosialisasi Sensus Penduduk Online tahun 2020 yang dilaksanakan di Kecamatan Bumiaji mengundang sembilan kepala desa di Kecamatan Bumiaji, Polsek Bumiaji, Danramil Bumiaji, Ketua TP PKK Se Kecamatan Bumiaji, Tenaga Sosial Kecamatan dan pegawai Kecamatan. 

"Sosialisasi di Kecamatan Junrejo sudah kita laksanakan pekan lalu, Kecamatan Bumiaji dan Kecamatan Batu kita laksanakan hari ini," kata Arief 

Dalam kesempatan ini, BPS mensosialisasikan Sensus Penduduk Online tahun 2020. BPS menghimbau agar seluruh stake holder di Kecamatan untuk berperan aktif menyukseskan Sensus Penduduk Online tahun 2020 yang dimulai 15 Februari 2020 hingga 31 Maret 2020. 

Ia juga menjelaskan ada tahap Sensus Wawancara untuk memberikan pelayanan bagi warga yang belum mengikuti sensus penduduk secara online. 

"Kita sarankan masyarakat aktif berkomunikasi dengan pemerintah desa, karena ditempat ini ada yang bisa mengarahkan untuk Sensus Penduduk Online tahun 2020 ini termasuk jika rumah tempat tinggalnya masuk kawasan black spot," katanya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Batu

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES