Indonesia Positif

Digitalisasi Desa, Program Kerja yang Diusung KKN 74 Unisma Malang

Minggu, 23 Februari 2020 - 08:44 | 112.46k
Kegiatan survey software dan website. (FOTO: AJP/TIMES Indonesia)
Kegiatan survey software dan website. (FOTO: AJP/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – KKN 74 Unisma Malang memperbaharui versi terbaru software di balai desa dan peremajaan website melalui program kerja bertajuk 'Digitalisasi Desa'.

Kegiatan yang digelar di Dusun Krajan, Desa Putat Lor, Kecamatan Gondanglegi Kabupaten Malang ini bertujuan untuk mempermudah kinerja perangkat desa dalam menyelesaikan tugas, serta memperbaharui informasi tentang profil desa Putat Lor dengan menggunakan website.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA MENGUNJUNGI unisma.ac.id

Pemikiran kreatif ini muncul karena kondisi generasi sekarang ini yang sedang berada pada generasi 4.0. Sistem atau software sudah sangat maju dan terdapat banyak perubahan pada masing-masing fungsi atau kegunaan software tersebut.

Ketua Kelompok 74 KKN-PPM Unisma, Andre Afriadi melakukan survey software dan website desa di kantor balai desa Putat Lor bersama anggota kelompoknya.

KKN-74-Unisma-Malang-2.jpgPelaksanaan penginstalan software dan peremajaan laman website (FOTO: AJP/TIMES Indonesia)

Kegiatan ini dilatar belakangi karena masih rendahnya versi software yang dipakai perangkat desa untuk melayani urusan administrasi desa, seperti surat pindah rumah, akta lahir, surat tanah, dan lain-lain.
Serta memperbarui informasi tentang desa di laman website desa Putat Lor.

Kegiatan ini terdiri dari tiga tahapan yakni: tahap pertama survey (survey perangkat komputer dan website), tahap kedua penanganan (menginstal software dan peremajaan info di laman website ), dan tahap ketiga evaluasi.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA MENGUNJUNGI unisma.ac.id

Dari hasil penginstalan software dan peremajaan website tersebut dapat disimpulkan bahwasannya tidak semua software dapat terinstal dikarenakan hanya ada beberapa software yang mendukung proses instalasi di perangkat komputer tersebut.

Namun, ada masalah saat melakukan proses peremajaan website Desa Putatlor, seperti hilangnya id dan password website tersebut. Tim KKN 74 berusaha mendapatkan kembali website tersebut dengan menghubungi dan meminta bantuan dari Kominfo Kab. Malang via e-mail. 

Melalui proker Digitalisasi Desa oleh KKN 74 Unisma Malang diharapkan terjadi peningkatan kualitas layanan aparat Desa putat lor dengan digitalisasi desa yang lebih baik. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES