Kesehatan

Sering Kelelahan Tanda Terkena Kanker Lambung?

Minggu, 23 Februari 2020 - 05:29 | 90.99k
ILUSTRASI - Kelelahan. (FOTO:  Hello Sehat)
ILUSTRASI - Kelelahan. (FOTO: Hello Sehat)

TIMESINDONESIA, JAKARTAKelelahan biasa dapat dihilangkan dengan cukup beristirahat, memenuhi cairan dalam tubuh, dan konsumsi makanan dengan gizi dan nutrisi yang seimbang. Namun, apabila Anda sudah melakukan hal-hal tersebut, tapi rasa kelelahan tidak kunjung menghilang, Anda wajib waspada. Ternyata, ada kaitan antara kelelahan yang terus-menerus terjadi dan gejala kanker lambung.

Kelelahan yang berlangsung lebih dari beberapa hari dapat mengindikasikan masalah medis tertentu, termasuk kanker lambung. Melansir dari Verywell Health, seseorang yang mengidap kanker lambung akan mengalami anemia akibat tinja berdarah atau muntah-muntah. Kondisi ini yang membuat pengidap sering merasa kelelahan. 

Edisi-Senin-24-Februari-2020-kelelahan.jpg

Kelelahan yang dialami oleh pengidap kanker lambung berbeda dengan kelelahan biasa. Pasalnya, kelelahan kanker lambung tidak akan membaik dengan istirahat.

Bagaimana Cara Pencegahan Kanker Lambung?

Usia dan pola makan yang tidak sehat dapat meningkatkan risiko kanker lambung. Oleh karenanya, Anda perlu menjalankan pola hidup sehat untuk meminimalisir risikonya.

Dikutip dari American Cancer Society, merokok, mengonsumsi frozen food, makanan yang diasinkan dan dibakar bisa meningkatkan risiko kanker lambung. Jadi, kalau tidak ingin mengidap kanker lambung di kemudian hari, sebaiknya mulai kurangi makanan dan kebiasaan tersebut.

American Cancer Society juga merekomendasikan untuk memilih makanan-makanan nabati, seperti sayuran dan buah-buahan setiap hari. Anda juga harus mengurangi daging olahan atau daging merah. Untuk menggantinya, Anda bisa mengonsumsi roti gandum, pasta, dan sereal, ikan, unggas, kacang-kacangan dan biji-bijian untuk menurunkan risiko kanker.

Beberapa penelitian juga menyarankan bahwa kombinasi suplemen antioksidan, seperti vitamin A, C, E, dan mineral selenium dapat mengurangi risiko kanker lambung pada seseorang yang mengalami gizi buruk. Kelebihan berat badan atau obesitas dapat menambah risiko kanker lambung. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : Berbagai Sumber

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES