Peristiwa Nasional

AS Cabut Status Indonesia Sebagai Negara Berkembang

Sabtu, 22 Februari 2020 - 10:56 | 66.26k
Illustrasi tol di Indonesia. (foto: Istimewa)
Illustrasi tol di Indonesia. (foto: Istimewa)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pemerintah Amerika Serikat (AS) menyatakan Indonesia bukan lagi sebagai negara berkembang. Di mata AS, Indonesia sudah menjadi negara maju. 

Status ini menyusul pengumuman Kantor Perwakilan Perdagangan AS atau Office of the US Trade Representative (USTR) 10 Februari 2020 lalu. Pengumuman itu menyatakan tidak memasukkan Indonesia dari daftar negera berkembang dalam daftar anggota Organisasi Perdagangan Dunia (WTO).

Terkait hal ini, Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartanto mengatakan hal ini akan berdampak terhadap fasilitas-fasilitas negara berkembang. 

“Dampaknya tentu fasilitas, Indonesia yang sebelumnya menjadi negara berkembang akan dikurangi, ya kita tidak khawatir itu,” kata Airlangga, seperti dikutip dari Kontan, Jumat (21/2/2020).

Dampak yang dimaksud oleh Airlangga adalah penerapan pajak atau tarif tinggi terhadap ekspor barang-barang Indonesia dibanding negara berkembang lainnya.  Sebagai contoh, pajak-pajak impor yang diatur AS atas barang Indonesia bakal lebih tinggi, termasuk bea masuk. Meski demikian, Airlangga mengaku tidak khawatir. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES