Pemerintahan

Ganggu Wisatawan Bupati Bantul Perintahkan Atasi Genangan Air di Kasongan

Jumat, 21 Februari 2020 - 19:06 | 31.95k
Bupati Bantul Suharsono meninjau genangan air di ruas jalan Kasongan-Kembaran (Foto : Totok Hidayat/TIMES Indonesia)
Bupati Bantul Suharsono meninjau genangan air di ruas jalan Kasongan-Kembaran (Foto : Totok Hidayat/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANTUL – Genangan air di ruas jalan Kasongan-kembaran Bangunjiwo Kasihan Bantul dipastikan segera tertangani. Termasuk titik kerusakan di ruas jalan ini.

Bupati Bantul Suharsono menyampaikan pernyataan ini usai meninjau kerusakan ruas jalan di kawasan desa wisata Kasongan ini Jumat (21/2/2020). 

Didampingi Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPU-PKP) Bantul Bobot Arifi Aidzin, Bupati yang mengusung jargon Makaryo Mbangun Deso ini memastikan karena statusnya jalan kabupaten maka perbaikannya dapat dibiayai dengan APBD Bantul 2020. 

"Saya sudah perintahkan untuk mengecek kerusakan dan menghitung biaya perbaikannya". jelas Suharsono.

Peninjauan titik jalan yang rusak ini menindaklanjuti laporan dari warga masyarakat. Di kawasan desa wisata Kasongan terdapat 3 titik jalan yang mengalami kerusakan. Masing-masing ruas jalan Kembaran-Sembungan, Kasongan-Kembaran dan Niten-Kasongan. Perbaikan akan dilakukan secara bertahap sesuai prioritas.

Kepala DPU-PKP Bantul Bobot Arifi Aidzin menjelaskan munculnya genangan disebabkan dimensi saluaran drainase yang kecil. Sehingga tidak mampu menampung bila terjadi peningkatan volume air saat hujan turun.

Kondisi diperparah dengan banyaknya sampah dan endapan lumpur yang menyumbat saluran drainase. Berdasarkan umur drainase yang dibangun pada tahun 1996 ini sudah saatnya diganti.

"Masyarakat jangan membuang sampah di saluran drainase, sehingga umur operasionalnya lebih panjang," tegas Bobot. 

Camat Kasihan Bantul Slamet Santoso menjelaskan genangan air yang muncul setiap hujan deras cukup mengganggu. Selain warga masyarakat di sekitar lokasi kondisi ini juga mengganggu wisatawan yang berkunjung ke sentra industri gerabah Kasongan. Selain genangan air ruas jalan yang rusak juga menyebabkan wisatawan tidak nyaman. "Untuk sementara warga melakukan pengeringan secara manual dan memasang rambu peringatan bila muncul genangan". jelas mantan kepala kantor pengelolaan pasar ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Yogyakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES