Wisata

11 Tips Cerdas Liburan ala Backpacker yang Low Budget

Jumat, 21 Februari 2020 - 00:08 | 139.15k
Ilustrasi - Liburan (FOTO: iStock)
Ilustrasi - Liburan (FOTO: iStock)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Terkadang kita dihadapkan dengan rutinitas yang melelahkan. Butuh banget yang namanya refreshing dengan cara berlibur. Tapi jadi dilema karena gak punya uang banyak. Nah siapa bilang liburan harus punya uang banyak atau paling gak nunggu kaya? Nah buat kalian yang pengen liburan dengan budget yang minimalis banget kalian bisa lakukan 11 tips backpacker dengan kondisi keuangan low budget. Nah berikut 11 tips liburan yang bisa kalian lakukan.

1. Siapkan diri jauh-jauh

Tentukan waktu luang atau cari waktu luang kalian untuk liburan. Jangan berangkat dengan rencana dadakan. Karena rencana dadakan akan membuat kalian ribet sendiri. Pahami dulu kota yang akan kalian kunjungi. Gak perlu survei ke sana langsung cukup serching di internet. Bisa juga bertanya kepada kerabat atau teman yang berada di kota tujuan kalian akan berlibur.

2. Transportasi yang di gunakan

Untuk yang satu ini menjadi point yang paling penting juga kalian pikirkan. Bila menggunakan transportasi pribadi kalian harus cek kondisi kendaraan kalian, baik mobil atau motor yang akan di pakek. Nah kalau kalian menggunakan transportasi umum seperti bus travel, kereta atau pesawat atau transportasi laut. Kalian harus membeli tiket jauh-jauh hari. Pastikan kalian menentukan tanggal keberangkatannya di waktu yang bener-bener luang agar tidak mengganggu rutinitad sehari-hari.

Edisi-Sabtu-22-Februari-2020-backpacker.jpg

3. Cari tempat tinggal

Buat kalian yang berencana berlibur beberapa hari. Kalian harus memikirkan tempat tinggal sementara selama di kota tersebut. Kalian mungkin memiliki family di sana bisalah menumpang untuk 2-3 hari, jangan terlalu lama juga ngerepotin nanti. Atau kalian punya teman yang bisa kalian jadikan opsi untuk menginap sementara. Nah yang paling terakhir kalian bisa memesan homestay atau hotel. Tapi ingat pesannya harus jauh-jauh hari, biar dapet promo hotel murah kalian juga harus serching di internet. Biar menghemat pengeluaran juga kan?

4. List tempat wisata

Nah ini tidak kalah penting guys. Kalian harus list wisata apa yang akan kalian kunjungi. Cari wisata yang ciamik dengan tiket masuk yang murah. Kalian bisa mencari referensinya di internet. Jika kalian hanya punya uang tabungan yang tidak terlalu banyak. Kalian bisa pilih beberapa wisata yang murah. Bisa pergi ke tempat museum atau alun-alun di kota tersebut. Selain itu tentukan rute perjalanannya agar kalian juga tidak bolak-balik saat melakukan perjalanan ke tempat wisata.

5. Sewa kendaraan

Nah untuk kalian yang tidak punya kendaraan pribadi bisa sewa motor atau mobil di rental yang ada di kota tersebut. Cari informasinya bisa tanya-tanya orang sekitar atau searching di internet.

6. Bawa Uang saku yang cukup

Untuk yang satu ini kalian harus persiapkan jaauh-jauh hari. Kalian bisa menabung jauh-jauh hari. Inget lama waktu berlibur di sesuaikan sama jumlah uang yang kalian miliki, jangan terlalu memaksakan diri.

7. Bawa cemilan atau makanan instant

Nah biar gak terlalu sering jajan pas liburan kalian bisa bawa cemilan sendiri yang harganya gak menguras dompet. Biasanya makanan bila dekat tempat wisata akan jauh lebih mahal di banding harga biasanya. Bawa bubur instant dan mie instant tapi jangan banyak-banyak bawa secukupnya saat kalian laper tengah malem bisa di masak.

8. Makan dan minum

Jangan makan sembarangan karena kesehatanmu juga perludi jaga. Cari makanan sehat dan juga murah pastinya. Bawa air mineral sebelum berangkat ke tempat wisata. Hitung-hitung hemat pengeluaran. Biasanya kalau di hotel udah di sediain minuman mineral. Kalian bisa pindahin airnya ke  botol sendiri.

9. Bawa baju seperlunya

Barang bawaan jangan terlalu banyak. Bawa secukupnya, kalau kalian berlibur ke tempat dingin bawa baju yang hangat dan jangan lupa bawa jaket. Bawa sepetu satu aja, sandal satu aja, satu pasang yah guyz. Bawa barang sesuai kebutuhan kalian di sana berapa hari. Kalau mau praktis pakek langsung cuci setelah selesai digunakan.

10. Camera dan Powebank

Ini penting baanget buat kalian bawa. Sayang banget dong? kalau liburan gak mengabadikan moment untuk berswa foto. Nah buat kalian yang gak punya camera bisa sewa di rental atau pinjem punya kerabat atau teman. Tapi kalau kalian gak mau ribet gadget yang kalian punyaa udah cukup kok. Sekarangkan smartphone udah bagus buat tangkap gambar kalian. Nah untuk powerbank kalian butuh banget biar gak khawatir keabisan baterai saat liburan.

11. Bawa uang cadangan

Nah yang satu ini tidak kalah penting. Kalian harus punya uang cadangan yang kalian simpan di tempat yang kalian susah ngambilnya. Bisa di dalam koper paling bawah atau di dompet kalian yang paling sulit terjangkau. Uang ini untuk jaga-jaga agar kalian juga bisa tenang.

Nah itu dia 11 tips liburan smart yang bisa kalian lakukan. Bisa liburan tanpa menguras dompet terlalu dalam. So, selamat membuat rencana liburan yang menyenangkan guys.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES