Pendidikan

Gelar Edukasi Pola Hidup Sehat, SDN Punten 01 Batu Siap Cegah Virus Corona

Rabu, 19 Februari 2020 - 17:37 | 78.73k
Suasana Edukasi Pola Hidup Sehat oleh Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya di SDN Punten 01 Batu (Foto: Yeni Rachma/TIMES Indonesia)
Suasana Edukasi Pola Hidup Sehat oleh Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya di SDN Punten 01 Batu (Foto: Yeni Rachma/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BATU – Sebanyak 79 siswa kelas 4 SDN Punten 01 Kota Batu mengikuti kegiatan Komunikasi Informasi Edukasi Pola Hidup Bersih dan Sehat, Rabu (19/2/2020). Kegiatan yang dilaksanakan atas kerjasama SDN Punten 01 Batu dengan Unit Internal DPP Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya ini sebagai upaya pencegahan Corona Virus Disease.

Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya, drh. Mira Fatmawati menyampaikan kepada peserta tentang pentingnya pola hidup sehat.

"Saat ini dunia dihebohkan dengan Virus Corona yang sudah mendapat nama resmi dengan sebutan Virus Covid 19. Dari Kasus Virus Covid 2019, data pada saat artikel ini ditulis jumlah manusia terjangkit Covid 19 dari seluruh dunia mencapai angka 75.186 orang. Sebanyak 2008 orang meninggal dunia dan 14.442 lainnya sembuh dari penyakit Virus Covid 19," paparnya.

SDN-Punten-01-Batu-a.jpg

Kasus di Indonesia mungkin belum ditemukan. Namun upaya pencegahan sangat diperlukan agar wabah tersebut tidak menyebar ke Indoneisa. Salah satu pencegahannya adalah melalui edukasi sejak dini tentang pentingnya pola hidup sehat.

Peserta diimbau untuk melakukan PHBS (Pola Hidup Bersih dan Sehat Sekolah). Praktik PHBS di sekolah yang bisa dilakukan antara lain mencuci tangan dengan air mengalir, membeli makanan sehat, membuang sampah pada tempatnya, membuang air bersih dan air kecil di toilet sekolah.

SDN-Punten-01-Batu-b.jpg

Salah satu pemateri, drh. Fidi Nur. A. juga menyampaikan pengetahuan baru kepada anak-anak tentang Foodborne disease. Foodborne Disease merupakan istilah yang diberikan untuk penyakit yang disebabkan karena mengkonsumsi makanan atau minuman yang tercemar oleh bakteri. Gejala klinis Foodborne Disease meliputi sakit perut, diare, mual dan muntah. Untuk menghindari Foodborne isease maka para murid dianjurkan untuk tidak membeli jajanan yang tidak sehat serta membawa bekal dari rumah.

Menanggapi kegiatan ini, Kepala SDN Punten 01 Batu, Asri Suprihatin, M.Pd., menyampaikan ucapan terima kasih kepada kampus Unibraw.

“Kami sangat terhormat dan mengucapkan terima kasih, karena kegiatan ini sangat bermanfaat buat anak-anak. Melalui program ini, Insya Allah kita bisa memberikan pemahaman kepada anak-anak tentang pola hidup sehat. Dan mereka bisa belajar dengan baik, serta bertubuh sehat," ungkap Kepala Sekolah yang telah mendapatkan penghargaan Sekolah Adiwayata Mandiri di Jakarta beberapa waktu lalu. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Batu

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES