Indonesia Positif

Mahasiswa KKN UM Jember Ajari Siswa SDN Jelbuk 01 Cara Cuci Tangan yang Benar

Selasa, 18 Februari 2020 - 23:18 | 70.81k
Mahasiswa KKN Kelompok 32 UM Jember memberikan materi tentang PHBS kepada siswa SDN Jelbuk 01. (FOTO: Humas UM Jember)
Mahasiswa KKN Kelompok 32 UM Jember memberikan materi tentang PHBS kepada siswa SDN Jelbuk 01. (FOTO: Humas UM Jember)

TIMESINDONESIA, JEMBER – Perilaku hidup sehat masyarakat menjadi perhatian mahasiswa program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kelompok 32 Universitas Muhammadiyah Jember (UM Jember) yang bertugas di Desa Jelbuk, Kecamatan Jelbuk, Jember. Pasalnya, perilaku atau pola hidup sehat masyarakat di desa tersebut dinilai masih memprihatinkan.

Karena hal tersebut, para mahasiswa mengelar penyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) kepada masyarakat setempat, khususnya kepada anak-anak usia pelajar sekolah dasar.

Penyuluhan yang dilaksanakan pada Rabu (5/2/2020) lalu tersebut dilakukan di SDN Jelbuk 01. Kegiatan itu diikuti oleh seluruh siswa di sekolah tersebut. Sejumlah materi terkait PHBS disampaikan kepada seluruh siswa, di antaranya 6 langkah mencuci tangan yang benar. Seluruh siswa antusias mengikuti kegiatan tersebut.

KKN-Kelompok-32-UM-Jember.jpg

“Pada kegiatan ini banyak sekali manfaat yang dapat didapat oleh siswa-siswi seperti mereka mulai mengetahui bagaimana cara cuci tangan yang benar dan hal ini dapat membersihkan kotoran dan kuman yang tertinggal di tangan, mencegah beberapa penyakit seperti diare, thypoid, kolera, infeksi cacing serta infeksi kulit,” kata Bayu Viqi, Koordinator kegiatan penyuluhan PHBS mahasiswa KKN Kelompok 32 UM Jember.

Lutfi Amin, Kordes KKN Kelompok 32 UM Jember menerangkan bahwa pada penyuluhan PHBS dilaksanakan di sekolah pada pagi hari dan berlangsung sekitar satu jam.

"Adapun peralatan yang diperlukan adalah hand sanitizer pengganti sabun serta ada beberapa hadiah guna menarik perhatian siswa-siswi. Selanjutnya mahasiswa KKN Kelompok 32 Universitas Muhammadiyah Jember memberi contoh kepada siswa-siswi SDN Jelbuk 01 tentang cuci tangan 6 langkah dan memberikan sedikit materi terkait perilaku hidup bersih dan sehat," ujarnya.

Selain itu, untuk menarik perhatian para siswa, mahasiswa KKN 32 mempraktekkan cuci tangan 6 langkah sambil bernyanyi. "Mereka sangat antusias untuk mengikuti langkah-langkah cuci tangan yang diajarkan oleh mahasiswa KKN 32 UM Jember. Setelah diajarkan cuci tangan 6 langkah siswa-siswi diberi pertanyaan terkait cara cuci tangan serta beberapa materi yang telah dijelaskan. Bagi yang bisa menjawab kami beri hadiah," imbuhnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES