Peristiwa Daerah

Usung Dinamics Smart N Powerfull, Kecamatan Sedayu Raih Peringkat Tertinggi Evaluasi Kinerja Kecamatan

Selasa, 18 Februari 2020 - 13:29 | 67.25k
Camat Sedayu, Sarjiman ketika menunjukkan sertifikat Penghargaan Tertinggi II Evaluasi Kinerja Kecamatan 2019. (FOTO: Fajar Rianto/TIMES Indonesia)
Camat Sedayu, Sarjiman ketika menunjukkan sertifikat Penghargaan Tertinggi II Evaluasi Kinerja Kecamatan 2019. (FOTO: Fajar Rianto/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTA – Masyarakat Kecamatan Sedayu, Bantul layak berbangga. Sebab, Kecamatan Sedayu mendapatkan peringkat tertinggi II dari tim Evaluasi Kinerja Perangkat Daerah pada pertengahan Februari 2020 lalu. Penghargaan tersebut atas prestasinya dalam Evaluasi Kinerja Triwulan IV tahun 2019. Penghargaan tertuang dalam sertifikat Nomor 002/00638/ Bappeda yang ditandatangani oleh Bupati Bantul Drs H Suharsono tertangga 7 Februari 2020.

“Ini adalah salah satu hasil jerih payah dan kerjasama semua pihak di Sedayu termasuk masyarakat di wilayah Kecamatan Sedayu. Kerjasama antara perangkat kerja pemerintahan dengan masyarakatnya yang dinamics. Sehingga, terjadi sebuah teamwork yang solid sebagaimana maksud dan tujuan DSP,” kata Camat Sedayu, Sarjiman SIP, ME.

Penghargaan yang didapatkan Kecamatan Sedayu tersebut tidak lepas dari slogan yang dipopulerkan Sarjiman yaitu DSP (Dinamics Smart N Powefull). Slogan yang dipopulerkan Sarjiman sejak menjabat Camat Sedayu Kabupaten Bantul pertengah Agustus 2019 lalu dilakukan diberbagai kegiatan kegiatan ditengah masyarakat dan media sosial.

Sebagai pejabat, Sarjiman juga masih meneruskan program kerja dan semangat yang digagas oleh Camat Sedayu sebelumnya, Drs Fauzan Mu’arifin. Yakni, jargon Jagoriko (jajan tonggo nglarisi konco). Program kerja tersebut dikaitkan dengan Smart City yang digagas oleh Kabupaten Bantul yaitu peningkatan layanan pemerintah Kabupaten Bantul terhadap masyarakat. Jagoriko terus terwujud. Tagline DSP sebagai kebijalan lokal serta Jagoriko bersifat universal. Dengan begitu diharapkan akan mendongkrak ekonomi lokal Sedayu yang berkesinambungan.

“Era sekarang kita memang dituntut cerdas menangkap peluang seperti penjabaran slogan DSP,” jelas alumni Ilmu Pemerintahan Fisipol UGM dan Magister Ekonomi Universitas Padjajaran Bandung ini.

Sarjiman menerangkan, dinamis diartikan keadaan penuh semangat dan tenaga sehingga cepat bergerak dan mudah menyesuaikan diri dengan keadaan dan sebagainya.  SMART (Specific, Measurable, Achievable, Realistic and Timely). Terdiri dari Specifik, membuat segala upaya fokus pada target tujuan yang akan dicapai.

Measurable, target yang dicapai harus bisa diukur. Misalnya, seberapa sering, seberapa banyak dan lain sebagainya. Achievable, tujuan yang ditetapkan harus tercapai. Dengan begitu ada komitmen serius untuk mencapainya. Realistik atau masuk akal adalah hal yang harus dipenuhi terkait tujuan yang ingin dicapai. Serta Timely atau batasan waktu kapan tujuan tersebut bisa dicapai.

Kesemuanya tadi ditambahi dengan semangat yang powerful atau kekuatan untuk mewujudkannya. Dengan begitu, harap Sarjiman, Sedayu selalu Dinamics Smart N Powefull. Maksudnya, masyarakat Sedayu harus siap menghadapi dinamika pembangunan kedepan. Terlebih dilintasi jalur utama menuju Bandara baru YIA (Yogyakarta International Airport). Harapannya, dengan slogan DSP masyarakat Sedayu akan siap dan cerdas menangkap berbagai peluang yang ada.

“Kalau pada tahap awal masih sebatas respon ikut meneriakan. Seiring waktu pasti akan tahu dan mengerti maksudnya slogan Dinamics Smart N Powerfull (DSP). Dengan semangat DSP tersebut Kecamatan Sedayu mendapatkan Peringkat Tertinggi II Evaluasi Kinerja Kecamatan 2019,” jelas Sarjiman. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Yogyakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES