Peristiwa Daerah

TNI AU Uji Terbang Pesawat F-16 Hasil Up Grade Anak Bangsa

Selasa, 18 Februari 2020 - 17:11 | 352.45k
KSAU Marsekal TNI Yuyu Sutisna menyalami penerbang usai test flight. (Foto: Miftakhul Arif/TIMES Indonesia)
KSAU Marsekal TNI Yuyu Sutisna menyalami penerbang usai test flight. (Foto: Miftakhul Arif/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MAGETAN – Hari yang bersejarah bagi TNI AU. Ini setelah berhasil meng-up grade pesawat tempur jenis F16 A/B Block 15. 

Ya, hari ini, Selasa (18/02/2020), dilakukan test flight pesawat tempur F16 di Skadron 3. Uji terbang disaksikan oleh Kepala Staf TNI AU (KSAU) Marsekal TNI Yuyu Sutisna didampingi Danlanud Iswahyudi Marsekal Pertama TNI Widyargo Ikoputra bersama jajaran. 

"Hari ini sangat bersejarah bagi kita. Ini lompatan besar karena sekarang ini kita sejajar dengan negara maju lain. Saya bangga dan mengapresiasi keberhasilan ini," kata KSAU Marsekal TNI Yuyu Sutisna. 

Menurutnya, pembaruan atau up grade tersebut murni dilakukan putra-putri terbaik Indonesia. Yakni, dari Skadron Teknik (Skatek) 042 Lanud Iswahyudi dan teknisi dari PT Dirgantara Indonesia. Tim disupervisi oleh supervisor dari Lockheed Martin (produsen pesawat F-16 dari Amerika Serikat).

"Proyek ini untuk meningkatkan kemampuan TNI AU dalam menjaga kedaulatan udara NKRI. Terima kasih untuk dedikasi semua tim yang sudah bekerja 14 jam sehari sehingga kita bisa sejajar dengan negara maju."

Pesawat F16 ini tiba di Indonesia dari negeri Paman Sam pada tahun 1989. Artinya, keberadaannya di tanah air sudah 30 tahun. Saat ini, masih ada tiga pesawat F-16 A/B Block 15 yang di-up grade dalam proyek EMLU-Falcon Star. 

KSAU-Marsekal-TNI-Yuyu-Sutisna-b.jpg

KSAU mengungkapkan, usai test flight ini, TNI AU akan memberangkatkan empat penerbang F16 untuk sekolah di Lockheed Martin. Hal ini karena proyek EMLU-Falcon Star ini meliputi pemeliharaan, pencopotan panel dan komponen pesawat serta install removable.

Kata Yuyu, empat pesawat F-16 yang diperbarui tersebut akan memperkuat Skadron Udara 3 Lanud Iswahyudi. "Nanti ada empat pilot kita yang akan kita kirim ke Amerika Serikat untuk up grade ilmu tentang F-16," ucapnya.

Pembaruan tersebut dimulai pada bulan September 2017. Dan selesai selama dua tahun. Test flight pesawat tempur F-16 di Skadron 3 Lanud Iswahyudi itu, berjalan lancar. Pesawat diterbangkan oleh pilot tempur dari Lockheed Martin. "Setelah penerbang TNI AU pulang up grade dari Amerika, nanti akan diuji terbang oleh penerbang kita, termasuk tiga pesawat F16 lain," ujar KSAU Marsekal TNI Yuyu Sutisna.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Magetan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES