Peristiwa Nasional

Polri dan BATAN Olah TKP Limbah Radioaktif di Tangsel

Selasa, 18 Februari 2020 - 14:07 | 41.76k
Kepala Bagian Penerangan Umum Mabes Polri, Kombes Asep Adi Saputra. (FOTO: Edi Junaidi Ds/ TIMES Indonesia)
Kepala Bagian Penerangan Umum Mabes Polri, Kombes Asep Adi Saputra. (FOTO: Edi Junaidi Ds/ TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kepala Bagian Penerangan Umum Mabes Polri, Kombes Asep Adi Saputra menyampaikan, bahwa sejak hari minggu kemarin, tim dari Mabes Polri sudah melaksanakan olah TKP menyelidiki limbah radioaktif Caesium-137 di tanah kosong kawasan Perumahan Batan Indah, Kademangan, Setu, Tangerang Selatan. Dalam hal ini, Polri bekerjasama dengan BATAN, untuk melakukan pengamanan di TKP. 

"Tujuanya adalah, apakah radioaktif ini memberikan dampak kepada lingkungan. Sejauh ini masih dalam proses penyelidikan, yang jelas dari pihak kami sudah lakukan himbauan kepada masyarakat untuk menghindari area yang dimaksud tadi," ujar Kombes Asep kepada wartawan di Jakarta, Selasa (18/2/2020).

"Kita bekerjasama, jadi sekali lagi, pihak kepolisian Polda Metro, Polres Tangsel, Puslabfor, Detasemen Gegana karena punya kemampuan laboratorium kimia dan radioaktif kemudian bareskrim tipiter. Kita menyatukan bidang-bidang detektor yang kita punya," imbuhnya.

Kombes Asep Adi Saputra memastikan sejauh ini belum ada dampak yang dirasakan oleh masyarakat. Namun kata dia, pihak kepolisian akan terus berusaha dengan baik agar supaya segera merilis temuan terkait manfaat dan buruknya apa serta penyebab utamanya.

"Sementara ini masih dalam penyelidikan. kemudian tadi terkait dengan dampak, yang jelas bahwa ini kan radioaktif, termasuk bahan yg memberikan implikasi kepada lingkungan, paling tidak sekarang areanya sudah ditutup, masyarakat juga diimbau tidak melakukan pendekatan. semuanya nanti kita akan tunggu hasil penyeliidkan ini," kata Kombes Asep Adi Saputra, Kepala Bagian Penerangan Umum Mabes Polri. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Surabaya

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES