Peristiwa Daerah

​Baznas Kota Yogyakarta Luncurkan Penguatan TKA-TPA dan Madrasah Diniyah

Senin, 17 Februari 2020 - 11:25 | 56.10k
Secara simbolis penyerahan SK Bantuan Program Jogja Taqwa Penguatan Kelembagaan TKA-TPA dan Madrasah Diniyah di Kota Yogyakarta. (FOTO: Vingky Kurnia/DJ TIMES Indonesia)
Secara simbolis penyerahan SK Bantuan Program Jogja Taqwa Penguatan Kelembagaan TKA-TPA dan Madrasah Diniyah di Kota Yogyakarta. (FOTO: Vingky Kurnia/DJ TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTA – Program Jogja Taqwa merupakan program unggulan Penyaluran Zakat, Infaq, dan Shodaqoh (ZIS) dan Dana Sosial Keagamaan Lainnya (DSKL) yang dikelola oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Yogyakarta.

Sesuai ketentuan syar'i dan regulasi, program gersebut mendasarkan pada skala prioritas 2020 seperti penguatan kelembagaan dan pengembangan kegiatan TKA-TPA dan Madrasah Diniyah.

Dalam rangka mengawali langkah pada tahun 2020 ini Baznas Kota Yogyakarta meluncurkan kegiatan tersebut dalam Temu Silaturrahim dan Pentasharufan Bantuan Jariyah Santri TKA-TPA dan Madrasah Diniyah Kurang Mampu se-Kota Yogyakarta.

Acara itu digelar di Lantai Dasar Masjid Pangeran Diponegoro komplek Balaikota Yogyakarta, Sabtu (15/2/20). Turut hadir di acara ini Kepala Bagian Tata Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kota Yogyakarta, Octo Noor Arafat.

Ketua Baznas Kota Yogyakarta, Syamsul Azhar mengatakan bahwa dalam program ini ada dana sekitar Rp 1 miliar yang akan disalurkan melalui Program Jogja Taqwa pada 2020 ini.

"Nantinya, bantuan tersebut akan diwujudkan berupa bantuan jariyah santri kurang mampu, bisyaroh/honor direktur TKA-TPA/Madrasah Diniyah, pelaksanaan pelatihan ustadz-ustadzah, bantuan operasional bagi Badan Koordinasi (BADKO) TKA-TPA baik di tingkat kota maupun rayon, dan bantuan operasional bagi Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (FKDT)," katanya.

Alokasi dana untuk penguatan kelembagaan dan pengembangan ini sendiri mengalami penurunan dibandingkan tahun sebelumnya. Penurunan ini didasarkan pada perkembangan beberapa unit TKA-TPA dan Madrasah Diniyah yang sudah memulai berusaha untuk membiayai operasional kegiatannya secara mandiri.

Tentunya proses sampai pada titik ini tidaklah singkat. Baznas Kota Yogyakarta sudah memulai memberikan alokasi penyaluran ZIS yang dikelolanya untuk mendukung kegiatan belajar mengajar di unit TKA-TPA dan Madrasah Diniyah sejak 2011 lalu.

"Terima kasih kami sampaikan kepada Bank Jogja yang telah memfasilitasi rekening bank untuk penyaluran bantuan penguatan kelembagaan dan pengembangan kegiatan TKA-TPA/Madrasah Diniyah se-Kota Yogyakarta," jelas Syamsul Azhari, ketua Baznas Kota Yogyakarta. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Yogyakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES