Pendidikan

Munir Said Thalib Raih Penghargaan Inspiring Award dalam HUT UBTV ke-6

Sabtu, 15 Februari 2020 - 07:34 | 140.05k
Alief Alende Putra dari Alm. Munir Said Thalib mewakili ayahnya untuk menerima Inspiring Award dalam “Brawijaya Television Award 2020
Alief Alende Putra dari Alm. Munir Said Thalib mewakili ayahnya untuk menerima Inspiring Award dalam “Brawijaya Television Award 2020", hari ini (14/2/2020) (foto : Widya Amalia/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Ikatan Alumni Universitas Brawijaya (IKA UB) memberikan penghargaan kepada salah satu putra terbaik Universitas Brawijaya, Munir Said Thalib, Jumat (14/2/2020). 

Semasa hidupnya tidak pernah gentar untuk membela hak asasi manusia. Sepak terjangnya dalam dunia pergerakan tercatat dalam sejarah. Penghargaan ini dianugerahkan dalam “Brawijaya Television Award 2020” di Studio Utama UBTV. 

“Kami melihat bahwa alumni UB yang sudah sekian banyak dan tersebar ini potensi yang luar biasa bahwa diantara itu banyak yg sudah menjadi tokoh - tokoh,” papar Edi Ortega, wakil Ketua IKA UB.

Sejumlah kasus pelanggaran HAM yang pernah Munir tangani antara lain adalah kasus Marsinah tahun 1994, kasus hilangnya 24 aktivis dan mahasiswa di Jakarta pada 1997 dan 1998; kasus Tanjung Priok 1984 - 1998; penembakan mahasiswa dalam tragedi Semanggi I dan Semanggi II; dan beberapa kasus yang lain.

Perjuangannya sebagai Dewan Kontras dan Direktur Lembaga Pemantau Hak Asasi Manusia Indonesia (Imparsial) tiba-tiba harus berhenti. Ia wafat dalam pembunuhan saat menempuh perjalanan studi S2 Hukum Humaniter di Universitas Utrecht Belanda. 

Jalan kehidupannya memiliki pengaruh besar bagi babak peradaban bangsa dalam perlindungan dan penghormatan Hak Asasi Manusia serta mendorong demokratisasi. Sepak terjangnya telah menginspirasi dan melahirkan tokoh perjuangan penguatan masyarakat sipil. 

Bangkit dan kuatnya peran masyarakat sipil ialah buah sentuhan konsistensinya menghidupi dan merawat organisasi masyarakat sipil, seperti YLBHI, Kontras, Imparsial, dan HRWG (Human Rights Working Group).

Penghargaan ini diserahkan kepada Alief Alende Putra dari Alm. Munir. Kedepannya, Brawijaya Television Award 2020 akan digelar secara rutin. Penghargaan ini bertujuan untuk memberikan apresiasi kepada kreativitas sineas muda, relasi, maupun civitas akademika Univeristas Brawijaya UBTV ini sendiri. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Malang

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES