Peristiwa Daerah

Prajurit Kodim 0617 Majalengka Dilatih Tanggap Bencana

Jumat, 14 Februari 2020 - 16:32 | 37.91k
Kodim 0617/Majalengka bersama BPBD menggelar sosialisasi penanggulangan bencana alam di makodim setempat. (Foto: Jaja Sumarja/TIMES Indonesia).
Kodim 0617/Majalengka bersama BPBD menggelar sosialisasi penanggulangan bencana alam di makodim setempat. (Foto: Jaja Sumarja/TIMES Indonesia).

TIMESINDONESIA, MAJALENGKA – Komando Distrik Militer (Kodim 0617/Majalengka) menggelar sosialisasi dan pelatihan penanggulangan bencana kepada para prajurit. Menggandeng BPBD Majalengka, latihan dilaksanakan di Makodim 0617/Majalengka pada Jumat (14/2/2020).

Komandan Kodim 0617/Majalengka, Letkol Inf Harry Subarkah mengungkapkan, sosialisasi dan pelatihan digelar mengingat Kabupaten Majalengka, termasuk dalam daerah yang rawan bencana. Baik itu, banjir, tanah longsor maupun bencana lainya.

"Adanya sinegritas antara Kodim dengan pihak BPBD dan stakeholder lainnya di Kabupaten Majalengka ini, sehingga bisa diantisipasi segala bentuk bencana alam tersebut. Termasuk dalam penanganan pertama seandainya terjadi bencana," ungkapnya.

Selain itu, Dandim juga menghimbau kepada warga masyarakat Majalengka, agar bersikap awas, tanggap dan peduli terhadap segala bentuk bencana alam.

"Kami himbau kepada warga masyarakat Majalengka, agar tetap mewaspadai dan mengantisipasi bencana alam di lingkungannya masing-masing," himbaunya.

Sementara itu, menurut Kepala BPBD Majalengka, Agus Permana, bahwa pihaknya akan terus memperkuat kelembagaan BPBD serta menyiapkan dan melatih personel yang handal dalam penanganan bencana di wilayah Kabupaten Majalengka.

Kegiatan tersebut, menurut Agus, baru kali ini melaksanakan di Kodim 0617/Majalengka dan Kodim yang mempunyai para Babinsa ditiap-tiap desa, diharapkan bisa bekerja-sama dengan BPBD.

"Karena Babinsa dapat mengetahui daerah-daerah berpotensi rawan bencan. Oleh karena itu, kita menggandeng TNI Kodim 0617/Majalengka, dalam penanggulangan bencana alam," imbuhnya. Materi dalam kegiatan tersebut di antaranya, tentang pengoprasian alat senso, pertolongan pertama pada korban bencana dan mengantisipasi kebakaran serta pembuatan sekat bakar. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES