Indonesia Positif

Yuk Belajar Proses Pembuatan Batik Tulis Khas Trenggalek

Jumat, 14 Februari 2020 - 01:45 | 219.42k
Proses mencating Batik Tulis Khas Trenggalek (FOTO: Sisca Ainun Nissa/AJP TIMES Indonesia)
Proses mencating Batik Tulis Khas Trenggalek (FOTO: Sisca Ainun Nissa/AJP TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, TRENGGALEKTrenggalek memiliki Batik Tulis Khas Trenggalek yang kaya akan motif dan proses pembuatan yang unik.

Tie Poek, pemilik sekaligus pembatik dari Batik Tulis Khas Trenggalek membuka tempat untuk belajar tata cara membatik dengan kualitas yang baik. Wanita yang gemar menggambar ini menyambut dengan senang hati ketika ada yang ingin belajar proses membatik.

Rumah produksi miliknya yang beramalat di RT/RW 06/01, Desa Ngentrong, Kecamatan Karangan, Kabupaten Trenggalek sering digunakan untuk tempat workshop penelitian, baik untuk mahasiswa maupun dosen.

“Cita-cita saya ingin membuat wisata batik. Jadi anak-anak sekolah bisa mengerti akan batik,” harap Tie Poek ketika ditemui TIMES Indonesia, Kamis (13/2/2020).

Proses pembuatan batik diawali dengan mendesain, yaitu menuangkan ide-ide secara 2 dimensi di atas kain. Langkah selanjutnya yaitu mencanting menggunakan lilin mengikuti pola yang telah dibuat sebelumnya.

Disusul dengan proses pewarnaan. Bahan pewarna bisa menggunakan pewarna sintetis maupun menggunakan material dari alam, seperti mahoni.

Kemudian dilakukan pengambilan tutupan warna dan tahap terakhir adalah perebusan.

Semua proses tersebut dilakukan di dalam satu rumah produksi yang sebagian besar pekerjanya berasal dari ibu rumah tangga lokal. Rumah produksi ini mulai berdiri sejak 2010 dan semakin berkembang hingga sekarang.

“Pemerintah sangat mendukung,” kata Tie Poek yang antusias mewujudkan Trenggalek Meroket dengan karya Batik Tulis Khas Trenggalek. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES