Indonesia Positif

Mengenal Batik Tulis Khas Trenggalek yang Dikenal hingga Manca Negara

Kamis, 13 Februari 2020 - 22:42 | 260.44k
Batik Tulis Khas Trenggalek (FOTO: Sisca Ainun Nissa/AJP TIMES Indonesia)
Batik Tulis Khas Trenggalek (FOTO: Sisca Ainun Nissa/AJP TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, TRENGGALEKTrenggalek selalu lekat dengan produk seni yang berkualitas, tak terkecuali dengan Batik Tulis Khas Trenggalek yang sudah melanglang buana hingga ke manca negara.

Salah satunya yang terkenal adalah UD. Tie Poek yang beralamat di RT/RW 06/01, Desa Ngentrong, Kecamatan Karangan, Kabupaten Trenggalek.

“Kalau Batik Tulis Tie Poek ini keunggulannya sering gonta ganti motif soalnya hobi ngegambar,” terang Tie Poek selaku pemilik sekaligus pembatik saat ditemui TIMES Indonesia, Kamis (13/2/2020).

Sepenuturannya, ide-ide tersebut muncul secara intuitif dari pemikiran. Biasanya inspirasi datang ketika menemukan hal-hal unik saat bepergian yang kemudian bisa langsung dituangkan ke motif batik. Motif unggulan berasal dari bentukan hasil panen Trenggalek, yaitu cengkeh.

Bahan baku diambil dari Surabaya dan Solo, meliputi lilin dan kain. Sedangkan untuk pewarnaan alam seperti mahoni diperoleh dari petani lokal.

Distribusi batik ini sudah melanglang buana hingga manca negara, yaitu Australia dan Malaysia. Selain itu juga pernah tampil festival di London yang semakin membawa citra Trenggalek Meroket.

Batik ini juga terkenal di berbagai kota di Indonesia, seperti Jakarta, Surabaya, dan Malang. Menurut Tie Poek, peminat paling banyak berasal dari Jakarta.

Jenis Batik Tulis Khas Trenggalek yang paling diminati adalah batik klasik dengan warna alam. Harga yang ditawarkan Tie Poek berada di kisaran Rp160.000,- hingga Rp1.500.000,- untuk satu lembar kainnya.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES