Indonesia Positif Universitas Islam Malang

Mahasiswa KKN Unisma Kelompok 32 Tarik Wisatawan ke Ranu Sosro

Kamis, 13 Februari 2020 - 20:30 | 80.49k
Proses pemilihan kayu untuk rangka gazebo di Ranu Sosro. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
Proses pemilihan kayu untuk rangka gazebo di Ranu Sosro. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
FOKUS

Universitas Islam Malang

TIMESINDONESIA, MALANG – Lokasi KKN Unisma Malang kelompok 32 di Desa Tirtomoyo Kecamatan Ampel Gading, Kab Malang. Desa ini memiliki potensi alam yang masih alami. Salah satunya yaitu Ranu Sosro atau pemandian Segaran.

Ranu Sosro sejatinya adalah danau buatan yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan ketersedian air saat musim kemarau tiba. Ranu Sosro merupakan obyek wisata alam yang belum banyak dikenal oleh masyarakat.

Kondisi alam ini masih alami lengkap dengan udara segar yang bisa membawa pikiran lebih tenang.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA MENGUNJUNGI unisma.ac.id

Pemandian Ranu Sosro dijadikan ikon Desa Tirtomoyo karena memiliki kelebihan kondisi alam yang masih alami. Di sekitar sumber mata air dikelilingi oleh pepohonan hijau. Wisata pemandian ini tidak jauh dari pemukiman warga dan tidak susah dijangkau sehingga kita akan mudah menuju pemandian.

pemilihan-kayu-2.jpg

Akan tetapi belum banyak yang mengetahui surga yang tersembunyi tersebut. Sebelumnya kondisi pemandian di Ranu Sosro belum sepenuhnya dikelola oleh masyarakat, maka dari itu para Peserta KKN-PPM 2020 Universitas Islam Malang (UNISMA) mempunyai ketertarikan dalam mengembangkan wisata alam Ranu Sosro.

Mahasiswa KKN membangun gazebo yang nantinya akan dimanfaatkan oleh pengunjung untuk beristirahat sambil menikmati pemandangan alam.

Pembangunan bertahap yang dilaksanakan pada tanggal 7 Februari 2020 dimulai dari pengukuran kayu, dilanjutkan dengan pemasangan rangka kayu dan genteng.

Lahan seluas 4 hektar ini sudah termasuk dengan sumber air dan terdapat beberapa gazebo yang mana salah satunya gazebo tersebut akan didirikan oleh peserta KKN-PPM Unisma.

Dengan mendirikan beberapa gazebo di wisata Ranu Sosro, mahasiswa KKN Unisma Malang kelompok 32 berharap danau ini akan menarik wisatawan. (*)

INFORMASI SEPUTAR UNISMA MENGUNJUNGI unisma.ac.id

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES