Peristiwa Nasional

Observasi di Natuna Segera Usai, WNI dari Wuhan Dibawa ke Jakarta Sabtu Esok

Jumat, 14 Februari 2020 - 14:41 | 47.35k
Para WNI yang dipulangkan dari Wuhan menjalani observasi di Natuna (Foto: Setkab RI for TIMES Indonesia)
Para WNI yang dipulangkan dari Wuhan menjalani observasi di Natuna (Foto: Setkab RI for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes RI) mengatakan bahwa observasi Warga Negara Indonesia (WNI) dari Wuhan yang saat ini ada di Natuna akan segera berakhir dan mereka selanjutnya akan dibawa ke Jakarta akhir pekan ini.

Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Achmad Yurianto menegaskan jika proses observasi WNI yang dilakukan demi mencegah penyebaran virus Corona tersebut akan berakhir pada 15 Februari 2020 pukul 12.00 WIB.

"Rencananya pada jam 7 pagi dari Jakarta menuju Natuna akan berangkat 3 pesawat TNI AU, terdiri dari 2 boeing 737 dan 1 Hercules. Ini adalah sejumlah pesawat yang sama pada waktu menjemput mereka dari Batam ke Natuna," tegasnya dari Natuna, Kamis (13/2/2020).

Rencananya Menkes RI, Menko PMK RI, Kepala BNPB RI dan beberapa pejabat lain akan ikut menjemput para WNI tersebut ke Natuna. Sebelumnya,  warga yang diobservasi akan dilakukan pemeriksaan kesehatan. Baru setelah pukul 12 usai makan siang, mereka bisa diberangkatkan ke Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta.

Warga yang diobservasi sebagian besar adalah mahasiswa dari 30 provinsi dengan rincian perempuan 158 orang dan laki-laki 80 orang. Dari semuanya, usia termuda adalah 5 tahun dan usia tertua 64 tahun, beserta tim KBRI 5 orang, Tim penjemput 24 orang, dan crew Batik Air 18 orang.

"Data yang kami miliki saudara-saudara kita yang sebagian besar mahasiswa itu berasal dari 30 provinsi sebarannya paling banyak adalah Jawa Timur 68 orang, Lampung 1 orang, Jakarta 12 orang, Aceh 13 orang, Papua 8 orang, Papua Barat 6 orang, dan seterusnya," ucap Yuri.

Selain itu, Pemerintah juga akan menyerahkan kru PT Lion yang menjemput WNI ke Wuhan dan menjalani masa observasi selama 14 hari. "Ini yang akan dilakukan dalam mengakhiri masa observasi. Selanjutnya hanggar yang digunakan sebagai tempat observasi akan dilakukan desinfeksi," imbuh Yuri.

Dijadwalkan akan ada prosesi kecil pelepasan WNI dari Wuhan yang diobservasi di Bandara Natuna. Saat mereka tiba di Jakarta akan disambut oleh Komisi IX DPR RI dan perwakilan Pemerintah Daerah. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Dhian Mega
Sumber : Setkab

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES