Peristiwa Nasional

Survei Alvara: Kepuasan Publik pada Lembaga Negara, TNI dan Polri Tertinggi

Jumat, 14 Februari 2020 - 14:05 | 79.52k
TNI dan Polri menduduki peringkat tertinggi survei kepuasan publik versi Alvara (Foto: TIMES Indonesia)
TNI dan Polri menduduki peringkat tertinggi survei kepuasan publik versi Alvara (Foto: TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTAAlvara Research Center mencatat jika TNI dan Polri menduduki peringkat pertama dan kedua pada survei kepuasan publik terhadap kinerja lembaga negara dalam 100 hari kerja pemerintahan Presiden RI Jokowi (Joko Widodo).

"Posisi pertama diduduki oleh TNI dengan tingkat kepuasan 85,2 persen. Posisi kedua diduduki Polri dengan tingkat kepuasan 72,7 persen," ungkap CEO Alvara Research Center, Hasanuddin Ali melalui keterangan tertulis pada Rabu (12/2/2020) lalu.

Posisi ketiga dan keempat diduduki Mahkamah Agung (MA) dan Mahkamah Konstitusi (MK) dengan tingkat kepuasan masing-masing 72,7 persen dan 72,4 persen.

Dari survei tersebut, tercatat beberapa lembaga negara mengalami perubahan peringkat. Misalnya, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang menempati posisi kelima pada survei Februari 2020, merosot dari sebelumnya peringkat kedua pada survei Agustus 2019.

Sementara Komisi Pemilihan Umum (KPU) turun dari peringkat 7 pada survei Agustus 2019 menjadi peringkat 8 pada survei Februari 2020.

Hasanuddin Ali menambahkan jika peringkat terbawah masih diduduki parpol dan lembaga legislatif, yakni Partai Politik (60,8 persen), MPR (60,2 persen) dan DPR (53,7 persen).

Survei Alvara Research Center kali ini dilakukan pada periode akhir Januari hingga awal Februari dengan melibatkan 1.000 responden dan margin error 3,16 persen, serta Tingkat Kepercayaan 95 persen. Data diperoleh melalui wawancara tatap muka dengan multistage random sampling di 13 provinsi Indonesia. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Dhian Mega
Sumber : Detikcom

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES