Peristiwa Daerah

GP Ansor Gresik Tanam Seribu Pohon Pisang untuk Kemandirian Ekonomi

Jumat, 14 Februari 2020 - 12:37 | 106.89k
GP Ansor Kecamatan Ujungpangkah Kabupaten Gresik saat menanam pohon pisang. (Foto: Akmal/TIMES Indonesia)
GP Ansor Kecamatan Ujungpangkah Kabupaten Gresik saat menanam pohon pisang. (Foto: Akmal/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, GRESIKGP Ansor di Kabupaten Gresik, Jawa Timur, menanam seribu bibit pisang di lahan milik anggota ansor di Desa Banyuurip, Kecamatan Ujungpangkah. Hal itu bertujuan untuk kemandirian ekonomi anggota dan organisasi.

Melalui pohon pisang yang ditanam ini nantinya akan berbuah kemudian dijual. Satu tandan buah pisang biasanya terjual Rp 30 ribu, jika kali ada seribu bibit pisang maka dikalkulasi bisa mendapatkan Rp 30 juta per panen.

Ketua PAC GP Ansor Ujungpangkah Imam Mahmud Badaruddin mengatakan, langkah untuk menanam bibit pisang ini merupakan salah satu program kerja yang menjadi prioritas.

Gerakan tanam pohon pisang ini juga merupakan wujud kecintaan terhadap lingkungan oleh kalangan muda NU agar bumi kita selalu lestari. 

"Selain itu agar kemandirian ekonomi anggota dan organisasi ada. Sehingga dalam melakukan kegiatan tidak lagi meminta pada pihak ketiga, tapi dari hasil karya sendiri," katanya, Jumat (14/2/2020).

Badar mengatakan, gerakan tanam pohon pisang ini dilakukan di lahan milik anggota sendiri. Jenis pisang morlen jadi pilihan karena jenis pisang ini umurnya pendek dan cepet berbuah.

"Selain itu juga mudah dalam beranak pinang  sehingga sekali taham bisa menghasilkan banyak buah pisang saat d panen nantinya," tambahnya.

GP Ansor di Kabupaten Gresik menambahkan, ke depan kegiatan penanaman pohon pisang ini diharapkan dilakukan oleh anggota dan masyarakat, karena selain perawatan mudah, pohon pisang bisa mudah dijual. "Kedepannya kegiatan tanam pohon pisang di lahan rumah anggota ini bisa terus dilakukan, anggota terus bersedia dititipi tanaman pisang yang hasilnya murni untuk organisasi. Bibit nya dari anggota yang sudah punya tanaman pisang," ungkapnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Gresik

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES