Peristiwa Daerah

Pemkab Bantul Wacanakan Pemilihan Kepala Dusun Langsung

Kamis, 13 Februari 2020 - 20:05 | 50.34k
Bupati Bantul saat memberikan pengarahan kepada lurah dan dukuh. (Foto: Istimewa)
Bupati Bantul saat memberikan pengarahan kepada lurah dan dukuh. (Foto: Istimewa)

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTABupati Bantul Suharsono mewacanakan pemilihan kepala dusun langsung. Menyusul munculnya penolakan dari masyarakat terhadap kepala dusun yang dipilih melalui proses seleksi.

Wacana ini dilontarkan dihadapan lurah dan kepala dusun yang hadir pada sosialisasi Pajak Bumi dan Bangunan Pedesaan dan Perkotaan (PBB P2) Kamis (13/2/2020) di Manggala Sabha lantai 3 komplek Parasamya kabupaten Bantul.

Suharsono mengaku bila wacana ini mendapat persetujuan dari pihak-pihak yang berkepentingan maka dirinya akan mengeluarkan Peraturan Bupati sebagai payung hukum untuk pelaksanaannya. Sebab dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri tentang pemilihan dan pengisian jabatan pamong desa, tidak mengatur tentang pemilihan kepala dusun secara langsung. 

"Akan saya agendakan untuk membahas lebih lanjut wacana ini," jelas Suharsono.

Ketua Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Bantul Ani Widayani mendukung wacana yang dilontarkan Bupati Bantul Suharsono. Sebab selama ini beberapa Kepala Dusun yang dipilih melalui seleksi banyak mendapat penolakan dari masyarakat. Menyusul mereka yang bukan warga asli pedukuhan setempat.

Akibatnya hubungan sosial dengan masyarakat kurang harmonis dan pelayanan tidak maksimal. 

"Dengan memilih langsung, rakyat akan memilih kadus yang tepat bagi mereka," tegas Anik.

Ani memastikan wacana ini secara informal sudah disampaikan ke jajaran pengurus paguyuban pamong desa di Bantul. Mereka menyambut positif wacana ini dan berharap segera terealisasi.

Bahkan paguyuban pamong desa di kabupaten lain di DIY juga berharap wacana Pemilihan Kepala Dusun Langsung ini terealisasi. Sehingga wacana yang pertama kali dimunculkan di Indonesia oleh Bupati Bantul ini dapat menjadi contoh bagi daerahnya.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Yogyakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES