Peristiwa Daerah

Mantap, Tampilan Kantor Kelurahan Loktuan Kini Lebih Segar

Kamis, 13 Februari 2020 - 18:58 | 133.80k
Kantor Lurah Loktuan tampak baru usai di renovasi ( Foto: Kusnadi/TIMES Indonesia)
Kantor Lurah Loktuan tampak baru usai di renovasi ( Foto: Kusnadi/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BONTANG – Warga Kelurahan Loktuan, Kecamatan Bontang Utara patut berbangga. Pasalnya kini masyarakat miliki kantor kelurahan yang lebih representatif dan nyaman dikunjungi. 

Proses renovasi sendiri menghabiskan waktu dua bulan. Dengan total anggaran dihabiskan sekira Rp 400 juta.

Anggaran ini dialokasi merombak nyaris keseluruhan bagian kantor, baik interior dan eksterior. Serta menambah sejumlah perlengkapan untuk menunjang pelayanan publik. Seperti kursi-kursi dan pendingin ruangan (AC). 

Anggaran itu juga dimanfaatkan untuk pemasangan CCTV dengan teknologi termutakhir di 3 titik kelurahan terpadat di Bontang itu. Meliputi simpang 3 menuju pasar Citra Mas, simpang 3 menuju Pos 7 Jalan RE Martadinata, dan simpang pelabuhan. 

"Seluruh anggaran itu kami manfaatkan untuk renovasi kantor dan memasang CCTV di 3 titik," ujar Lurah Loktuan, Muh. Takwin ketika disambangi Bontang TIMES di kantornya belum lama ini. 

Dari amatan Bontang TIMES, kantor Kelurahan Loktuan yang terletak di Jalan Kapal Selam 1 itu kini memang tampil lebih fresh. Perubahan paling signifikan terlihat di bagian pendopo.

Amat kontras dari kondisi sebelumnya yang tampak buram akibat aplikasi cat gelap yang mendominasi seantero pendopo yakni coklat dan abu-abu gelap. Desainnya pun terkesan ketinggalan karena masih terpaku dengan model lawas bangunan. 

Usai direnovasi, bagian lantai dirombak total. Kini pendopo menggunakan ubin porselen putih dengan sedikit gradasi abu-abu. Itu membuat pendopo terlihat lebih bersih. Beda dengan sebelumnya yang menggunakan keramik semen.

Di bagian langit-langit dan pilar-pilar pendopo pun diperindah dengan sentuhan pola-pola ukiran khas kaltim. Itu membuat pendopo Kelurahan Loktuan nampak lebih artistik. 

Seluruh pembaruan ini kemudian ditutup dengan sentuhan cat putih bersih. Ini menambah kesan lega dan terang ketika masyarakat bertandang ke pendopo. 

Kemudian memasuki front office, nuansa serupa di pendopo masih amat kental. Karena warna putih cerah amat masih sangat mendominasi. 

Dahulu counter pelayanan menyekat para staf dan masyarakat yang mengurus berbagai keperluan. Kini pembatas itu dirobohkan, diganti meja pelayanan yang nyaman. Ini membuat interaksi staf kelurahan dan masyarakat makin efektif. 

Ruang lurah pun mengalami perubahan. Dahulu ruang ini amat sempit. Lantaran banyak rak-rak besar yang sudah dimakan usia mengambil ruang. Aplikasi cat pastel tua di ruangan pun dirasa membawa kesan yang terlalu formal.

Walhasil, perobakan dilakukan. Rak besar dikeluarkan, diganti dengan furniture terbaru. Kursi bagi tamu lurah juga diperbarui. Cat pun diganti warna cerah, yakni coklat muda dan hijau terang. 

"Sekarang uda diubah. Semoga masyarakat yang datang tidak merasa sesak. Juga saya bisa bekerja lebih baik," ujarnya. 

Dikatakan Lurah Takwin, seluruh design interior dan eksterior terbaru kantor ialah hasil amatan pihaknya. Dengan mempertimbangkan sejumlah hal, diantaranya estitka dan kenyamanan staf, terutama publik. 

"Kami memang cukup detail untuk hal-hal seperti ini," terang Lurah Takwin. 

Lurah Takwin berharap, dengan wajah baru kantor Kelurahan Loktuan, segenap staf bisa bekerja lebih nyaman dan semangat. Muaranya, tentu saja, optimalisasi pelayanan publik. "Pada dasarnya, dengan kantor nyaman, ini memacu kami untuk bekerja lebih baik dan memberi pelayanan terbaik kepada masyarakat," tutup Lurah Loktuan, Muh. Takwin. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : Bontang TIMES

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES