Peristiwa Nasional

Wakil Ketua Komisi III DPR RI Dukung Pemulangan Anak Eks ISIS

Kamis, 13 Februari 2020 - 18:18 | 28.15k
Ilustrasi.
Ilustrasi.

TIMESINDONESIA, JAKARTAWakil Ketua Komisi III DPR RI Desmond J Mahesa mendukung wacana pemulangan anak WNI eks ISIS ke Tanah Air. 

"Oh iya. Mendukung lah. Ini WNI bapaknya melepas, tapi anak ini kan masih ada, masa dia mau balik kita tidak bisa terima," ujar Desmond di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (13/2/2020).

Dia lantas menyinggung WNA yang diterima oleh pemerintah karena kepentingan nasional. "WNA saja dalam rangka kepentingan nasional untuk bola, basket, didukung," imbuh Desmond

Untuk itu, Desmond meminta pemerintah bersikap peduli dan proaktif terhadap anak-anak WNI eks simpatisan ISIS. Menurutnya, tidak semua anak eks kombatan ISIS ikut terafiliasi.

"Sikap pemerintah sudah betul, tapi kan yang lain anak-anaknya, istrinya. Apakah semuanya kombatan? Kan tidak. Nah, inilah yang saya bilang, pemerintah proaktif melihat hal ini. Proaktif ini dalam rangka mendata oh ini anaknya ikut umur berapa, anak-anak kecil gimana ini," katanya.

Pemerintah, sambung Desmond, juga harus tetap bersifat humanis dalam menyikapi masalah ini. Dia mengingatkan jangan sampai pemerintah membuat kebijakan yang membunuh rasa kemanusiaan.

"Kalau mereka tidak punya kewarganegaraan, terus mereka tinggal di mana? Apa yang terjadi kalau itu (anak eks simpatisan ISIS) saudara kita? Saudara Pak Jokowi, saudara saya misalnya. Jadi jangan membentengi sesuatu hal yang sebenarnya membunuh perasaan-perasaan kemanusiaan," kata Desmond, Wakil Ketua Komisi III DPR RI. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES