Pemerintahan

Hasil Pertanian Melimpah, Bupati Rijanto Resmikan Lumbung Pangan Masyarakat 

Kamis, 13 Februari 2020 - 17:46 | 38.15k
Bupati Blitar saat memotong pita peresmian Lumbung Pangan Masyarakat Kelompok Tani Desa Besuki Kecamatan Udanawu Kabupaten Blitar, Kamis (13/2/2020). (Foto: Sholeh/TIMES Indonesia) 
Bupati Blitar saat memotong pita peresmian Lumbung Pangan Masyarakat Kelompok Tani Desa Besuki Kecamatan Udanawu Kabupaten Blitar, Kamis (13/2/2020). (Foto: Sholeh/TIMES Indonesia) 

TIMESINDONESIA, BLITARBupati Blitar Rijanto meresmikan Lumbung Pangan Masyarakat Kelompok Tani Makmur Mandiri Desa Besuki Kecamatan Udanawu Kabupaten Blitar, Jawa Timur, Kamis (13/2/2020). 

Menurut Rijanto, Lumbung Pangan Masyarakat berfungsi untuk menyimpan hasil pertanian yang melimpah terutama komoditi padi. Di lumbung itu terdapat rice miling atau alat selip padi dan juga lantai jemur padi. 

"Ini sangat baik sekali upaya pemerintah untuk bagaimana pertanian di daerah kita terus menggiat dengan baik," ujar Rijanto usai acara.

Salah satu potensi besar Kabupaten Blitar di bidang pertanian adalah padi disamping jagung dan kedelai. Padi di kabupaten Blitar, menurut Rijanto, setiap panen melebihi stok kebutuhan masyarakat sehingga perlu adanya lumbung lumbung penyimpanan.

"Tentunya harus kita bangun lumbung, di sinilah pertama kali kita resmikan di Desa Besuki ini," tambahnya. 

Dengan adanya lumbung itu, Rijanto mengutarakan, fungsi lumbung pangan adalah untuk menstabilkan harga dikala harga beras mahal di pasaran. lumbung juga bisa mesuplai operasi pasar sehingga tidak hanya Bulog saja.

"Salah satunya termasuk kalau harga beras murah padi kita simpan di sini.Ini fungsi dari lumbung pangan seperti itu," jelasnya.

Rijanto berharap, lumbung pangan masyarakat akan memberikan semangat kepada petani dalam mengolah lahannya. Ia juga berpesan kepada masyarakat Desa Besuki untuk merawat dan mengfungsikan dengan baik bantuan pemerintah berupa lumbung tersebut.

"Apabila lumbung pangan di Desa Besuki ini dirawat dengan baik dan memberikan dampak baik kepada petani maka harus kita kembangkan ke desa lain," tegas Bupati Blitar Rijanto usai meresmikan Lumbung Pangan Masyarakat. (kmf)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Blitar

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES