Pemerintahan

Dapat Akun Silon, Dua Bakal Calon Independen Berpotensi Ramaikan Pilkada Lamongan 2020

Kamis, 13 Februari 2020 - 17:07 | 36.11k
Ketua KPU Lamongan, Mahrus Ali. (FOTO: MFA Rohmatillah/ TIMES Indonesia)
Ketua KPU Lamongan, Mahrus Ali. (FOTO: MFA Rohmatillah/ TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, LAMONGAN – Dua pasangan Bakal Calon Bupati (Bacabup) dan Bakal Calon Wakil Bupati (Bacawabup) dari jalur independen, telah mendapatkan akun Sistem Informasi Pencalonan Pemilu (Silon) untuk Pilkada Lamongan 2020.

"Yang sudah ambil username dan password Silon hingga hari ini ada 2 pasangan, yaitu pasangan Suhandoyo-Suudin dan pasangan Yasin-Tarpin," kata Ketua KPU Lamongan, Mahrus Ali Kamis (13/2/2020).

Mahrus menjelaskan, meskipun telah mendapatkan akun Silon, namun kedua pasangan tersebut belum bisa dinyatakan lolos untuk menjadi kontestan pada Pilkada Lamongan 2020 mendatang.

Kedua pasangan dari jalur independen tersebut masih harus memasukkan data dukungan ke Silon, kemudian harus mengikuti tahapan verifikasi faktual yang akan dilakukan oleh KPU Lamongan.

"Bagi pasangan calon perseorangan, penyerahan berkas dukungan adalah mulai 19 sampai 23 Februari," ujarnya.

Sementara jumlah dukungan yang harus dimiliki oleh calon dari jalur independen adalah sebesar 6,5 persen dari daftar pemilih tetap di Kabupaten Lamongan.

"Untuk daftar pemilih tetap atau DPT Lamongan sendiri berjumlah 1,056.505, jadi total dukungan untuk calon perseorangan adalah 68.673 dukungan,"  tutur Mahrus.

Mahrus mengatakan, jika syarat tersebut tidak dapat terpenuhi, maka pasangan tersebut tidak dapat maju pada Pilkada Lamongan 2020. "Setelah KPU menerima pendaftaran calon perseorangan ini, kemudian KPU akan melakukan penghitungan syarat dukungan," ucap Mahrus. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Lamongan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES