Indonesia Positif

Membiasakan PHBS, Mahasiswa KKN 07 UMM Ajarkan Siswa SD Cuci Tangan

Kamis, 13 Februari 2020 - 00:09 | 83.25k
Mahasiswa KKN 07 UMM Ajarkan Siswa SD Cuci Tangan. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
Mahasiswa KKN 07 UMM Ajarkan Siswa SD Cuci Tangan. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Kelompok KKN 07 UMM menggelar Penyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Sekolah Desar Negeri (SDN) 01, Desa Jambersari Kecamatan Poncokusumo, Kab Malang, Kamis (24/01).

Agenda yang diadakan oleh divisi Kesehatan tersebut diikuti oleh kelas 1 dan kelas 2. Zahra selaku Ketua Divisi Kesehatan menjelaskan, PHBS merupakan cara atau kebiasaan seseorang untuk mencegah penyakit dan menjaga lingkungan sekitarnya agar tetap bersih dan sehat. 

Cuci-Tangan2.jpg

"PHBS diorientasikan kepada kelas 1 dan 2, sebab masih banyak yang belum bisa mengetahui dan menjaga pola hidup dengan baik, khususnya kebersihan dan kesehatan diri," ungkap Zahra yang juga mahasiswa jurusan Farmasi tersebut.

Agenda diawali dengan sosialisasi oleh anggota divisi kesehatan, tentang hal apa saja yang termasuk dalam PHBS.  

Pertama diajarkan adalah cara mencuci tangan pakai sabun (CTPS). Hal tersebut dilakukan agar dapat membasmi kotoran dan kuman yang melekat di tangan. 

Cuci-Tangan3.jpg

Kedua, Rajin menggosok gigi beserta langkah-langkahnya. Ketiga memelihara rambut agar tetap bersih. Keempat, memakai pakaian yang bersih dan rapi. 

Kelima, rajin berolahraga. Keenam, membuang sampah pada tempatnya. Ketujuh, harus memilih jajanan yang sehat, terkhusus jajanan warung sekolah.

Tak sekadar sosialisasi, mahasiswa KKN 07 UMM juga mengajak siswa mempraktikkan cara mencuci tangan dan sikat gigi yang baik dan benar.

Kelompok KKN 07 UMM di bawah asuhan Moh. Jufri ST., MT ini, kompak membantu para siswa mengikuti dan mempraktikkan PHBS hingga selesai. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES