Indonesia Positif

Siswa SD di Desa Slateng Ikuti Penyuluhan PHBS dari Mahasiswa KKN UM Jember

Rabu, 12 Februari 2020 - 20:43 | 53.08k
Siswi SD di Desa Slateng, Jember memperagakan cara cuci tangan sesuai pedoman PHBS dalam penyuluhan yang diadakan mahasiswa KKN UM Jember. (FOTO: Humas UM Jember/AJP TIMES Indonesia)
Siswi SD di Desa Slateng, Jember memperagakan cara cuci tangan sesuai pedoman PHBS dalam penyuluhan yang diadakan mahasiswa KKN UM Jember. (FOTO: Humas UM Jember/AJP TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JEMBER – Sebanyak 22 mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kelompok 29 Universitas Muhammadiyah Jember (UM Jember) mengadakan penyuluhan PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) di SD/MI yang ada di setiap dusun di Desa Slateng, Kecamatan Ledokombo, Jember, Senin (3/2/2020) lalu.

Penyuluhan yang diberikan kepada para siswa di antaranya mengenai langkah-langkah menggosok gigi yang baik dan benar, macam-macam sampah, dampak adanya sampah serta pendaurulangan sampah, dan langkah-langkah mencuci tangan yang baik dan benar.

Adi, mahasiswa KKN UM Jember yang melakukan penyuluhan PHBS di SDN Slateng 3 mengatakan bahwa selain menyampaikan materi tentang hidup bersih dan sehat, para siswa juga diminta untuk mempratekkan PHBS seperti menggosok gigi dan mencuci tangan yang baik dan benar.

"Tujuannya untuk mengetahui tingkat pemahaman mereka dalam PHBS ini," kata Adi.

cara-cuci-tangan.jpg

Selain itu, Adi juga menuturkan bahwa pihaknya juga mengajak para siswa bernyanyi agar materi yang disampaikan mudah diterima dan diingat siswa.

"Siswa yang bisa memperaktekkan langkah-langkah gosok gigi, cuci tangan, dan menyebutkan macam-macam sampah akan mendapat hadiah,” tambahnya.

Hal senada juga disampaikan Yazid, mahasiswa KKN UM Jember yang memberikan penyuluhan PHBS kepada para siswa di MI Mutiara Iman.

Yazid menyampaikan bahwa para siswa di sekolah tersebut diajak untuk membersihkan lingkungan sekolah dengan memunguti sampah. Setelah itu, mereka diajak untuk mencuci tangan yang baik dan benar seperti menggunakan sabun dan menggosok.

“Semua siswa diajak terjun langsung ke lapangan untuk memungut sampah yang berserakan di lingkungan MI Mutiara Iman. Setelah lingkungan bersih, otomatis tangan mereka kotor, sehingga para kakak KKN mengajak mereka untuk cuci tangan yang baik dan benar sesuai dengan langkah-langkah cuci tangan. Dengan begitu tangan mereka bersih kembali. Penyeluhan selanjutnya mengenai langkah-langkah gosok gigi," ujarnya.

oleh mahasiswa KKN PHBSPenyuluhanUM Jember juga dilaksanakan di beberapa sekolah lain yang ada di Desa Slateng dengan jadwal yang berbeda. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES