Indonesia Positif

Peduli Masa Emas pada Anak, Mahasiswa KKN UM Jember Gelar Penyuluhan kepada Orang Tua

Rabu, 12 Februari 2020 - 20:20 | 57.23k
Mahasiswa KKN 13 UM Jember bersama warga dalam penyuluhan golden age di Desa Dawuhan Mangli, Jember. (Foto: Humas UM Jember)
Mahasiswa KKN 13 UM Jember bersama warga dalam penyuluhan golden age di Desa Dawuhan Mangli, Jember. (Foto: Humas UM Jember)

TIMESINDONESIA, JEMBERGolden age atau masa emas dalam pertumbuhan anak merupakan hal yang perlu diperhatikan oleh para orangtua. Namun, masih banyak orangtua yang abai dalam hal penting ini. Karena itu, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kelompok 13 Universitas Muhammadiyah Jember (UM Jember) melakukan penyuluhan tentang masa emas pada anak kepada para orangtua atau wali murid Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kamboja 63 di Desa Dawuhan Mangli, Kecamatan Sukowono, Kabupaten Jember, beberapa waktu lalu.

Reza Fauzan, mahasiswa UM Jember yang didapuk mengisi materi dalam sosialisasi tersebut menjelaskan bahwa golden age merupakan fase atau masa terbaik dalam pertumbuhan anak.

Lebih lanjut, Reza menerangkan bahwa hal tersebut ditandai dengan masa perkembangan otak pada anak yang lebih cepat daripada orang dewasa.

"Pada masa ini anak juga bisa menyerap informasi lebih cepat terkait nilai-nilai. Hal ini sangat perlu disampaikan kepada orangtua anak agar bisa memberikan nilai-nilai dan kebiasaan yang baik pada anak karena anak akan cenderung meniru perilaku yang sering dilihatnya pada masa keemasan ini,” terangnya.

Selain itu, Reza juga memberikan materi terkait hal yang dibutuhkan anak yang memasuki masa emas di antaranya asuh, asih, dan asah.

Dalam kegiatan tersebut, para orangtua juga diberikan kesempatan untuk menyampaikan keluhan terkait tumbuh kembang anak-anaknya.

Ada beberapa orangtua yang menyampaikan bahwa anaknya masih belum bisa lepas sama sekali dari orangtua meski telah berusia 5 tahun. Ada juga orangtua yang menyampaikan bahwa anaknya selalu merengek jika permintaannya tidak dituruti. 

"Kegiatan penyuluhan oleh mahasiswa KKN UM Jember ini diharapkan mampu memberikan pengetahuan mendasar namun penting terhadap orangtua mengenai apa saja yang dibutuhkan anak. Juga bagaimana menghadapi sikap dan perilaku anak, serta bagaimana cara memberikan contoh kepada anak di masa-masa Golden age," imbuh Reza. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES