Indonesia Positif

Mahasiswa KKN UM Jember Ikuti Pengajian Rutin di Lokasi Tugas

Rabu, 12 Februari 2020 - 19:09 | 75.10k
Mahasiswa KKN UM Jember mengikuti pengajian warga di lokasi tugas di Dusun Tegalan I. (FOTO: Humas UM Jember)
Mahasiswa KKN UM Jember mengikuti pengajian warga di lokasi tugas di Dusun Tegalan I. (FOTO: Humas UM Jember)

TIMESINDONESIA, JEMBER – Sejumlah mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jember (UM Jember) yang tengah menjalani program Kuliah Kerja Nyata (KKN) 29 di Dusun Tegalan I, Desa Slateng, Kecamatan Ledokombo, Jember tidak hanya menggarap berbagai program sosial kemasyarakatan di lokasi tugas. Namun,dalam kesempatan tersebut para mahasiswa ini juga mengisi hari-harinya dengan berbaur ke tengah masyarakat.

Salah satu kegiatan tersebut yakni mengikuti pengajian mingguan yang digelar di Dusun Tegalan I pada Rabu (5/2/2020) malam kemarin.

Pengajian tersebut diikuti oleh kaum ibu yang tinggal di dusun tersebut. Terdapat sedikitnya 50 orang yang hadir dalam pengajian yang diadakan di salah satu rumah warga tersebut.

Meski tampak sesak, namun ibu-ibu tersebut tetap antusias mengikuti rangkaian pengajian dari awal hingga akhir.

Pengajian yang juga diikuti oleh mahasiswa KKN 29 UM Jember tersebut diisi dengan pembacaan sholawat, pembacaan Surat Yasin, dan ditutup dengan doa.

Tidak hanya itu, sejumlah ibu dalam pengajian tersebut juga unjuk kebolehan dalam memainkan kesenian hadrah.

Kesenian hadrah tersebut dimainkan oleh para ibu yang telah mengikuti latihan rutin setiap Kamis di musala Dusun Tegalan I.

"Tidak hanya sholawatan, tetapi doa bersama yang dipimpin oleh ulama setempat. Doa tersebut tidak hanya mendoakan yang masih hidup, tetapi juga yang sudah meninggal agar segala dosanya diampuni dan amal ibadahnya diterima Allah," ujar salah satu mahasiswa KKN UM Jember, Maylisa yang ikut dalam pengajian tersebut.

Selain itu, Maylisa juga menambahkan bahwa peserta pengajian itu juga dapat mengikuti arisan. "Dimana arisan ini yang menentukan tempat dimana selanjutnya pengajian diselenggarakan dan begitu seterusnya," imbuh mahasiswa UM Jember itu. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES