Ekonomi

Menteri Koperasi UKM: Agar Tumbuh Pesat, Ciptakan Ekosistem UMKM

Rabu, 12 Februari 2020 - 22:02 | 30.48k
UMKM Expo digelar Dinas Koperasi dan UKM Kota Surakarta di sebuah pusat perbelanjaan di Solo belum lama ini. (ist)
UMKM Expo digelar Dinas Koperasi dan UKM Kota Surakarta di sebuah pusat perbelanjaan di Solo belum lama ini. (ist)

TIMESINDONESIA, SOLO – Kementerian Koperasi dan UKM melakukan penataan terhadap ekosistem sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) agar berkembang lebih pesat. Antara lain bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi membuat pameran skala nasional maupun internasional.

‘’Kami Kementerian Koperasi dan UKM menata ekosistem UMKM, mulai dari pembiayaan, peningkatan produksi, market, perluasan usaha dll (dan lain-lain),’’ terang Menteri Koperasi UKM, Teten Masduki dalam kunjungan ke sejumlah sentra UKM mebel dan furniture di Solo dan Sukoharjo.

Kementerian Koperasi dan UKM juga bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata membuat pameran kelas dunia di dalam maupun di luar negeri. Langkah ini dilakukan untuk memberikan kesempatan UMKM mempromosikan produk serta mempertemukan mereka dengan pembeli.

‘’Secara nasional ada New Sarinah yang difungsikan ulang sebagai showroom untuk semua UMKM. Di daerah kira-kira juga akan seperti itu,’’ kata Teten.

Disinggung daerah mana yang sudah siap untuk membuka show room UMKM, Teten Masduki mengatakan Kalimantan Selatan dan Kalimantan Timur dinilai sudah siap.

Show room UMKM juga akan dibuka di tempat destinasi wisata prioritas yang disebut sebagai Bali baru yaitu Danau Toba Sumatra Utara, Borobudur Jawa Tengah, Bunaken Sulawesi Utara, Mandalika NTB, dan Bangka Belitung.

‘’Di lokasi-lokasi destinasi itu nanti dibangun show room UMKM yang bisa diisi tidak hanya pelaku UMKM di lokasi destinasi tapi juga di luar lokasi dengan proses kurasi terlebih dahulu," tandas Menteri Koperasi UKM. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES