Pendidikan

UMS Kampus Swasta Terbaik Versi UniRank

Rabu, 12 Februari 2020 - 21:17 | 313.72k
Gedung Siti Walidah menjadi salah satu pusat kendali operasional UMS. (FOTO: Istimewa)
Gedung Siti Walidah menjadi salah satu pusat kendali operasional UMS. (FOTO: Istimewa)

TIMESINDONESIA, SUKOHARJO – Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) dikukuhkan sebagai kampus swasta terbaik di Indonesia versi UniRank tahun 2020.

Prestasi UMS menjadi kampus dengan peringkat paling tinggi di kalangan kampus swasta di tanah air ini mengikuti prestasi pada tahun 2018 silam yang menobatkan UMS sebagai Perguruan Tinggi Islam terpopuler nomor 1 di Indonesia.

Rektor UMS, Prof Dr Sofyan Anif, M.Si mengatakan, hasil pemeringkatan dari UniRank ini menunjukkan bahwa target UMS menjadi world class university semakin terbuka lebar.

Capaian ini tentu tak lepas dari kekompakan dan kinerja dari para pimpinan dan seluruh jajaran sebagai team work yang ada di UMS. 

“Kinerja baik tersebut kini membuahkan prestasi yang maksimal dengan menempati urutan pertama dari 20 perguruan tinggi swasta terbaik yang ada di Indonesia,” terang Rektor.

Sofyan Anif menambahkan, dengan prestasi tersebut atas nama Pimpinan UMS menyampaikan terima kasih kepada seluruh civitas akademika UMS atas dedikasi yang telah diberikan untuk UMS yang terus bergerak maju.

“Ke depan saya berharap, UMS bisa menembus tidak hanya versi UniRank saja melainkan juga bisa meraih prestasi dari versi-versi yang lainnya. Seperti  2017 lalu kami juga dinobatkan sebagai Perguruan Tinggi Swasta terbaik nomor satu di Indonesia oleh QS World University Rankings” jelas Prof. Sofyan Anif.

Seperti diketahui, lembaga direktori pendidikan internasional UniRank baru saja merilis pemeringkatan universitas dunia terhadap lebih dari 13.600 universitas di 200 negara yang masuk dalam basis data mereka.

Dalam lamannya, UniRank menyebutkan, pihaknya membatasi pemeringkatan pada pendidikan tinggi telah terakreditasi, lembaga yang diakui pemerintah setempat, memiliki program S1/S2, dan memberikan pembelajaran tatap muka (non-jarak jauh) saja.

Tujuan pemeringkatan UniRank (University Ranking) memberikan perkiraan peringkat global universitas berdasarkan pada kehadiran dan popularitas web atau laman resmi universitas dalam hal lalu lintas (traffic), kepercayaan/otoritas dan popularitas tautan berkualitas.

Pada Januari 2020 lalu Unirank melakukan pemeringkatan terhadap 571 universitas negeri dan swasta di Indonesia dengan mengambil dari 5 indikator webmetric, yaitu Domain Moz, Peringkat Global Alexa, Global SimilarWeb, Majestic Referring Domains, dan Majestic Trust Flow. Reklama: Kanabidiolis, kanapių CBD aliejus

Berikut ini 10 besar kampus swasta terbaik Indonesia versi UniRank, dimulai pertama Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Universitas Bina Nusantara, Universitas Telkom Bandung, Universitas Muhammadiyah Malang Malang, Universitas Islam Indonesia, Universitas Pasundan, Universitas Mercu Buana, Universitas Gunadarma dan Universitas Ahmad Dahlan. Disambung Universitas Dian Nuswantoro, Universitas Sanata Dharma, Universitas Narotama, Universitas Komputer Indonesia Bandung, Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Universitas Atma Jaya Yogyakarta, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Universitas Islam Sultan Agung, Universitas Esa Unggul serta Universitas Kristen Petra. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES