Pemerintahan

Ukir Sejarah, Bupati Majalengka Terima Penghargaan SAKIP

Rabu, 12 Februari 2020 - 20:38 | 41.16k
Menteri PANRB Tjahjo Kumolo saat memberikan penghargaan kepada Bupati Majalengka, H Karna Sobahi. (Foto: Jaja Sumarja/TIMES Indonesia)
Menteri PANRB Tjahjo Kumolo saat memberikan penghargaan kepada Bupati Majalengka, H Karna Sobahi. (Foto: Jaja Sumarja/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MAJALENGKA – Pemerintah Kabupaten Majalengka berhasil mengukir sejarah dalam meningkatkan penilaian Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB).

Selama 10 tahun terakhir ini nilai SAKIP Majalengka berada di antara jajaran terakhir antara kota dan kabupaten se-Provinsi Jawa Barat. Namun melalui tangan dingin Bupati Majalengka, H Karna Sobahi, nilai SAKIP yang semula meraih C dengan nilai 60 kini menjadi B+ dengan nilai 68.

"Alhamdulillah, SAKIP Kabupaten Majalengka naik, selama 10 tahun terakhir ini berada diposisi C dengan nilai 60, menjadi peringkat B+ dengan nilai 68. Dua poin lagi menjadi 70 dengan nilai BB,"ujar Bupati Karna Sobahi, saat dihubungi melalui pesan singkat, Rabu (12/2/2020).

Menurut Bupati, penilaian Sakip tersebut diserahkan langsung Menteri PANRB Tjahjo Kumolo di Kota Batam, Kepulauan Riau, pada Senin (10/2/2020) untuk daerah yang berada di wilayah I yakni meliputi Provinsi Aceh, Sumatra Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, Jambi, Riau, Kepulauan Bangka Belitung, Kepulauan Riau, Sumatera Selatan, Banten, dan Jawa Barat.

Masih dijelaskan Karna, keberhasilan Majalengka ini berkat keinginan, keseriusan dan komitmen semua pihak serta sistem yang dipedomani dan dilakukan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam tata kelola kinerja, sistem, maupun proses dengan target target capaian dalam setiap OPD.

"Posisi ini akan terus berubah bilamana OPD lebih serius dan komitmen lagi meningkatkan kinerjanya. Bahkan nilai predikat A bukan tidak mungkin bisa kita capai pada tahun depan,"tegasnya.

Selain itu, pihaknya juga meminta masyarakat ikut mengawasi kinerja aparatur di Kabupaten Majalengka dalam rangka mewujudkan Majalengka. Raharja. 

"Saya berpesan kepada jajaran Pemkab Majalengka untuk tidak berpuas diri untuk kebaikan serta terus berupaya menggunakan APBD dengan lebih efektif dan efisien," katanya.

Sementara itu, Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo mengapresiasi daerah yang mendapatkan predikat BB dan A dan diharapkan dapat mulai berfokus pada implementasi Performance Based Organization. Termasuk upaya menciptakan reward dan punishment yang berdasar pada aspek kinerja.

"Pemerintah harus menjamin setiap rupiah yang digunakan untuk membiayai program dan kegiatan harus memiliki manfaat ekonomi, memberikan manfaat untuk rakyat, utamanya meningkatkan kesejahteraan," ujarnya terkait penghargaan SAKIP kepada daerah. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES