Peristiwa Daerah

Pengentasan Kemiskinan Jadi Progam Prioritas Musrenbangdescam Senori

Rabu, 12 Februari 2020 - 17:12 | 24.90k
Forkopimka bersama tim Bappeda Tuban saat memantau jalannya Musrenbangdescam Senori di Pendopo kecamatan setempat (12/2/2020). (Foto: Ahmad Istihar/TIMES Indonesia)
Forkopimka bersama tim Bappeda Tuban saat memantau jalannya Musrenbangdescam Senori di Pendopo kecamatan setempat (12/2/2020). (Foto: Ahmad Istihar/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, TUBAN – Pemerintahan Kecamatan Senori, Kabupaten Tuban, Jawa Timur laksanakan Musyawarah Rencana Pembangunan Desa Tingkat Kecamatan (Musrenbangdescam), dengan hasil usulan progam prioritas pengentasan kemiskinan di wilayah pedesaan, Rabu (12/2/2020).

Musrenbangdescam yang berlangsung di pendopo kecamatan setempat, diikuti oleh kades dan tim verifikator dari UPT/ UPTD tingkat kecamatan serta didampingi aparatur sipil negara dari Bappeda Tuban, bertindak sebagai penanggung jawab Camat Senori, Suwasis.

"Kami berharap kades dan perangkat desa berperan aktif melakukan pembaruan data untuk mendukung progam pemkab Tuban mengurangi angka kemiskinan. Khususnya, di pedesaan," tutur Suwasis kepada peserta Musrenbangdescam Senori.

Forkopimka-b.jpg

Ia mengajak pemdes berkoordinatif dengan elemen masyarakat desa untuk menciptakan tata kelola pemerintahan desa yang baik dan tranparan dalam pembangunan.

Dalam pemaparan sebelumnya, tim Bappeda Kabupten Tuban, Arman W menjelaskan Pemda akan melakukan verifikasi terkait usulan atau rencana pembangunan desa agar berjalan baik dan benar searah dengan progam prioritas Pemkab Tuban.

"Data BPS daerah Tuban berada di peringkat 5 termiskin di Jatim. Sehingga, Usulan desa progam juga harus sejalan pemkab dalam upaya mengurangi angka kemiskinan tersebut," tutur Arman di hadapan peserta MusrinbangDescam Senori.

Forkopimka-c.jpg

Arman juga mewanti-wanti pemdes pada pelaksanan pembangunan di desa tak hanya fokus pembangunan fisik. akan tetapi, pembangunan non fisik seperti pemberdayan harus menjadi prioritas.

"Dengan pemberdayaan di masyarakat tentunya dapat mengurangi angka kemiskinan di wilayah kecamatan dan umumnya di kabupaten," tegasnya.

Informasi kegiatan Musrenbangdescam merupakan agenda kesepahaman usulan progam dari pemdes untuk penyusunan perencanaan pembangunan desa tahun 2021 diikuti perwakilan dinas-dinas terkait agar usulan progam tidak bertentangan atau benturan dengan di atasnya untuk kemudian hasil usulan Musrenbangdescam diusulkan ke tingkat kabupaten atau musrenbangkab.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Tuban

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES