Peristiwa Daerah

[HOAKS] Petugas Penyalur Air Bersih Tarik Pungli di Probolinggo

Rabu, 12 Februari 2020 - 16:11 | 31.70k
Perbaikan pipa saluran PDAM Kota Probolinggo, masih terus dilakukan. (FOTO: Humas Pemkot for TIMES Indonesia)
Perbaikan pipa saluran PDAM Kota Probolinggo, masih terus dilakukan. (FOTO: Humas Pemkot for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Kerusakan sambungan pipa PDAM di Kota Probolinggo, Jawa Timur, berdampak pada belasan ribu pelanggan. Krisis air bersih pun, terjadi. Dalam kondisi itu, beredar kabar hoaks, pungli yang dilakukan petugas penyalur air bersih.

Berdasarkan verifikasi TIMES Indonesia, kabar itu tidak benar. Sebelumnya, kabar hoaks itu terjadi di Jalan Brantas, Kelurahan Pilang, Kecamatan Kademangan, Kota Probolinggo. Berdasarkan keterangan sejumlah warga, pungli itu tidak benar.

“Itu tidak benar. Yang terjadi adalah, kami hanya kasihan pada petugas penyalur air bersih dengan tangki itu. Karena bekerja lembur di luar tugasnya. Sehingga secara pribadi, saya berinisiatif untuk memberikan sejumlah uang,” kata salah satu warga, Mita Ayu, Rabu (12/2/2020).

Klarifikasi itupun, menepis kabar hoaks yang sebelumnya beredar di masyarakat. Soal isu pungli yang dilakukan petugas penyalur air bersih. salah satu sopir truk tangki Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Probolinggo, Surya Jaya menyebut, pihaknya harus lembur sampai pukul 22.00 malam. Selama krisis air terjadi.

“Selain menyiram taman, kami mendapat pekerjaan tambahan. Menyalurkan air bersih ke penduduk yang membutuhkan. Muali dari rusun, sampai perkampungan,” katanya.

Sejauh ini, 6 unit armada truk tangki DLH, dikerahkan. Namun air yang disalurkan dengan truk tangki penyiraman itu, disarankan untuk digunakan keperluan MCK saja. Tidak untuk dikonsumsi. Sumber air yang digunakan, berasal dari sumber air akor, di jalan Supriyadi.

“Tidak dianjurkan untuk konsumsi ya, karena selang dan tangkinya kan biasa digunakan untuk menyiram taman,” lanjut Surya.

Sementara itu, pihak PDAM Kota Probolinggo masih terus melakukan perbaikan. Pada pipa yang rusak. Dalam rilisnya pada Rabu (12/2/2020) siang, sebelumnya PDAM kota Problinggo memperbaiki Kebocoran pipa 18dim dengan memaksimalkan kondisi pipa lama yang terus diperbaiki.

“Hasilnya masih belum optimal, siang ini kami mencoba berupaya memperbaiki kerusakan yang ada dengan sambungan pipa baru dan diharapkan hasilnya bisa jauh lebih baik. Sehingga pelayanan bisa berjalan normal kembali,” kata Direktur PDAM, Siswadi.

Guna menyuplai air bersih untuk warga, Pemkot Probolinggo meminta bantuan sejumlah pihak. Mulai dari Polresta Probolinggo, Kodim 0820, Yon Zipur 10, BPBD Kabupaten Probolinggo, sampai BPBD Kabupaten Pasuruan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Probolinggo

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES