Peristiwa Nasional Jemaah Haji 2020

Besok, Kemenag RI Serentak Gelar Seleksi Petugas Haji Provinsi

Rabu, 12 Februari 2020 - 12:36 | 57.06k
ILUSTRASI: Petugas haji diseleksi ketat Kemenag RI demi memberi pelayanan terbaik pada jemaah
ILUSTRASI: Petugas haji diseleksi ketat Kemenag RI demi memberi pelayanan terbaik pada jemaah
FOKUS

Jemaah Haji 2020

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kementerian Agama RI (Kemenag RI) akan menggelar seleksi petugas haji tahap kedua atau tingkat provinsi serentak pada Kamis (13/2/2020) besok.

Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Nizar menegaskan tes akan digelar serentak di Kanwil Kemenag Provinsi seluruh Indonesia. Untuk itu, ia mengingatkan bahwa rekrutmen petugas menjadi perhatian banyak pihak, termasuk DPR RI.

"Karenanya, proses seleksi harus dikawal untuk memastikan rekrutmen berjalan objektif sesuai aturan. Kita harus bertindak secara komprehensif agar ruang gerak kecurangan dalam rekrutmen bisa diminimalisir," tegasnya. 

Sementara Direktur Bina Haji, Khoirizi menambahkan bahwa seleksi tingkat provinsi akan diikuti sekitar 2.638 peserta. Mereka adalah calon petugas yang telah lolos pada seleksi tahap pertama di tingkat Kankemenag Kab/Kota pada 4 Februari 2020 lalu.

"Mereka akan memperebutkan 1.014 PPIH Kloter, terdiri dari Ketua Kloter dan Pembimbing Ibadah Kloter. Selain itu, ada juga 305 kuota Penyelenggara Perjalanan Ibadah Haji atau PPIH Arab Saudi," lanjutnya.

Menurut Khoirizi, sebagaimana di tingkat Kankemenag Kab/Kota, seleksi provinsi juga akan menggunakan sistem Computer Asested Test atau CAT. Hal ini dilakukan agar proses seleksi lebih transparan dan akuntabel, serta terhindar dari praktek kolusi, korupsi, dan nepotisme.

Kasubdit Pembinaan Petugas Petugas Haji Ahmad Jauhari menambahkan, seleksi petugas akan dimulai pukul 09.00 WIB, 10.00 WITA dan 11.00 WIT. Aplikasi CAT sudah disediakan, namun peserta harus mempersiapkan sendiri telepon seluler berbasis android beserta paket data karena panitia tidak menyediakan jaringan internet di lokasi tes.

Soal CAT nanti terdiri dari 100 soal pilihan ganda dengan waktu pengerjaan paling lambat 60 menit. Komposisi soal terdiri dari Pengetahuan Umum dan Regulasi Perhajian; Pengetahuan Manasik Haji, dan Pengetahuan Bidang Tugas.

Selain itu, juga ada tes pendalaman bidang tugas berbentuk essay dengan jawaban tertulis dan lisan. Ada enam bidang yang diujikan dalam seleksi petugas haji oleh Kemenag RI, sesuai pilihan peserta yaitu ketua kloter, pembimbing ibadah, layanan konsumsi, layanan akomodasi, layanan transportasi dan layanan siskohat. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Dhian Mega

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES