Kesehatan

4 Jenis Olahraga yang Aman untuk Pasien Kanker

Selasa, 11 Februari 2020 - 07:04 | 568.68k
ILUSTRASI - Latihan keseimbangan. (FOTO: Hello Sehat)
ILUSTRASI - Latihan keseimbangan. (FOTO: Hello Sehat)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kanker memang penyakit yang memerlukan banyak istirahat. Namun, melakukan aktivitas fisik yang sesuai, sebenarnya baik untuk orang yang sedang menjalani pengobatan kanker. Ada beberapa jenis olahraga yang dianjurkan untuk pasien kanker.

Bagi pasien kanker yang ingin mulai lebih aktif berolahraga, konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter yang merawat, agar dokter bisa menentukan jenis-jenis olahraga yang aman sesuai kondisi tubuh.

Tidak semua jenis olahraga aman untuk dilakukan pasien kanker. Namun, empat jenis olahraga berikut ini, dianggap aman, selama dijalankan dengan pengawasan dari tim dokter.

1. Aerobik

Olahraga yang termasuk dalam jenis aerobik di antaranya adalah berjalan, bersepeda, dan lari. Olahraga ini akan membantu melatih jantung.

Dengan mengombinasikan olahraga untuk jantung dan latihan beban, maka pasien kanker bisa meningkatkan massa otot, mengurangi lemak di tubuh, dan mermperbaiki metabolisme atau pencernaan di tubuh.

2. Latihan beban

Latihan beban dapat dilakukan dengan mengangkat barbel kecil atau alat angkat beban lainnya. Latihan ini akan membantu tubuh menjadi lebih kuat, dengan membantu membentuk otot dan mencegah hilangnya massa otot.

Edisi-Rabu-12-Februari-2020-olahraga.jpg

3. Latihan keseimbangan

Melatih keseimbangan, bisa mengurangi risiko jatuhnya pasien kanker. Pasalnya, beberapa jenis obat kanker bisa memengaruhi keseimbangan tubuh.

Latihan yang bisa Anda lakukan seperti berjalan di jalur yang sempit atau meletakkan satu kaki di depan yang lain seolah-olah berjalan di atas tali, selain itu Anda juga dapat berdiri dengan satu kaki

4. Latihan peregangan

Latihan peregangan umumnya diperlukan oleh pasien kanker yang telah menjalani operasi. Contohnya, pasien kanker payudara yang telah melewati prosedur operasi, akan merasa area sekitar bahunya terasa lemah.

Latihan peregangan pada area yang telah dioperasi dapat membantu meningkatkan kemampuan gerakan tangan, yang terganggu akibat operasi.

Meski manfaat olahraga untuk pasien kanker cukup banyak, namun penderita beberapa jenis kanker sebaiknya menghindari jenis olahraga tertentu. Selain itu, sesuaikan waktu atau durasi saat berolahraga. Tidak disarankan pasien kanker olahraga secara berlebihan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : Sehatq.com

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES