Gaya Hidup

Rickotan, Seniman Gitar Fingerstyle Berbakat Asal Tuban

Kamis, 30 Januari 2020 - 03:20 | 130.37k
Rickotan, fingertylist berbakat asal Tuban (FOTO: istimewa)
Rickotan, fingertylist berbakat asal Tuban (FOTO: istimewa)

TIMESINDONESIA, MALANGRickotan nama panggungnya. Hanya dengan berbekal gitar, dia mampu membawakan penampilan satu rangkaian musik lengkap dengan bass dan melodi dalam gaya fingerstyle.

Lahir dengan nama asli Rico Fadillah Pratama, mahasiswa Universitas Negeri Malang ini mengaku telah lama mendalami fingerstyle

"Aku belajar fingerstyle sudah 15 tahun sih. Kalau pegang gitar sudah mulai SD kelas 4," ujar lelaki usia 21 tahun ini, Rabu (29/1/2020).

Rickotan mulai mendalami fingerstyle karena merasa bosan belajar gitar yang genjrang - genjreng saja. Semenjak SMP, dirinya mulai belajar fingerstyle

"Aku sih bosan gitu genjreng - genjreng tok, jadi aku mulai belajar fingerstyle ke temenku. Aku juga diajari ayahku. Jadi kebetulan ayahku juga gitaris," jelasnya.

Tumbuh di lingkungan yang sangat antusias dengan gitar, Rickotan semakin termotivasi belajar gitar. Bermula dari belajar menyeimbangkan jemari tangan hingga kekuatan ujung jari. Membutuhkan konsistensi dan ketelatenan mempelajari gaya fingertstyle

Namun, ketika ditanya apa kuncinya mampu belajar fingerstyle dengan konsisten, dirinya hanya berseloroh ringan. "Aku sih belajar gitar ya karena nganggur aja. Jadi kuncinya ya nganggur, hahaha!" 

Namun, keahliannya memetik gitar ini tidak lain karena dirinya terus belajar dan belajar. Rickotan sering belajar melalui kanal Youtube, salah satunya adalah Sungha Jung. 

Bahkan kini, dirinya memiliki kanal Youtube pribadi. 

"Aku sekarang sih lebih ke Youtube fokusnya. Jadi isinya ya kayak tutorial gitu buat yang mau belajar fingerstyle gitu," paparnya.

Akun Youtube-nya kini sudah memiliki ribuan subscriber. Selain Youtube, Rickotan membangun komunitas peminat fingerstyle di Tuban. Dirinya berencana untuk membuat single fingerstyle sendiri dalam waktu dekat. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Tuban

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES