Peristiwa Nasional

Wapres RI KH Ma'ruf Amin: Indonesia Siap Evakuasi WNI dari Wuhan

Rabu, 29 Januari 2020 - 18:53 | 61.41k
Wapres RI KH Ma'ruf Amin. (FOTO: Dok. TIMES Indonesia)
Wapres RI KH Ma'ruf Amin. (FOTO: Dok. TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTAWapres RI KH Ma'ruf Amin menyatakan, pemerintah Indonesia kini sudah menyiapkan proses evakuasi untuk warga negara Indonesia di China, khususnya Kota Wuhan. Itu menyusul penyebaran virus corona yang menjadikan kota tersebut diisolasi.

"Sebenarnya kita, pemerintah, sudah menyiapkan untuk melakukan evakuasi itu. Tetapi memang Wuhan ini menjadi daerah yang diisolir, sehingga tidak boleh ada orang masuk, tidak boleh ada yang keluar. Akibatnya, semua masih menunggu sikap Pemerintah Tiongkok," ujar KH Ma’ruf di Kantor Wapres Jakarta, Rabu (29/1/2020).

Kata KH Ma'ruf, pemindahan WNI dari Kota Wuhan, yang diduga menjadi awal munculnya virus corona, akan dilakukan Pemerintah segera setelah status isolasi di Kota tersebut dicabut. Pemerintah Indonesia juga menunggu keterangan dari Badan Kesehatan Dunia atau World Health Organisation (WHO) terkait status darurat kesehatan masyarakat akibat virus corona.

"Pemerintah kita siap, kalau kemungkinannya sudah mungkin, kita akan evakuasi. Tapi Pemerintah terus memperhatikan anak-anak kita, terutama yg di Wuhan, kalau tidak salah 100 orang, yang 84-nya itu mahasiswa. Jadi kita membantu logistiknya melalui Kedutaan Besar kita di Tiongkok," ungkapnya.

Wapres KH Ma'ruf Amin menjelaskan Indonesia bukan satu-satunya negara yang kesulitan mengevakuasi warganya karena status isolasi di Wuhan. Jepang dan Amerika Serikat juga terkendala dalam mengungsikan penduduknya dari Kota Wuhan.

"Bahkan yang dari Jepang, yang sudah mengirim pesawat pun, belum bisa dievakuasi. Kedubes AS yang sudah ditutup, kabarnya juga mereka belum bisa keluar. Jadi memang situasi itu karena Wuhan dinyatakan sebagai daerah terisolasi," tutur dia.

Disebutkan Wapres RI KH Ma'ruf Amin, untuk membantu WNI di Provinsi Hubei, China, Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Luar Negeri dan KBRI Beijing mengalokasikan bantuan senilai Rp133.280.000 untuk membeli logistik yang meningkat akibat isolasi di Kota Wuhan, ibu kota Provinsi Hubei. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Jakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES