Peristiwa Daerah

KPU Kota Mataram: 153 Orang Lolos Seleksi Berkas PPK

Rabu, 29 Januari 2020 - 18:04 | 41.20k
Suasana proses verifikasi berkas administrasi calon Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pilkada Kota Mataram 2020.(FOTO: KPU Kota Mataram)
Suasana proses verifikasi berkas administrasi calon Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pilkada Kota Mataram 2020.(FOTO: KPU Kota Mataram)

TIMESINDONESIA, MATA – Komisi Pemilihan Umum atau KPU Kota Mataram telah merampungkan pleno penetapan bagi yang lolos verifikasi syarat administrasi untuk calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pilkada Kota Mataram 2020.

Ketua KPU Kota Mataram M.Husni Abidin menyampaikan, dari 160 orang pendaftar, 7 orang dinyatakan gugur atau tidak lolos dalam seleksi berkas administrasi. “Jadi total pelamar di enam kecamatan yang ada di Kota Mataram itu 160 orang, tapi setelah dilakukan seleksi hanya 153 orang yang dinyatakan lolos berkas,” kata Husni, di Mataram, Rabu (29/1/2020).

Ia menjelaskan, tidak lolosnya 7 orang peserta seleksi PPK itu dikarenakan berbagai hal, antara lain, E-KTP tidak sesuai dengan domisili kerja, ada yang pernah jadi pengurus Parpol, ijazah tidak dilegalisir dan tidak ada Surat Keterangan Dokter atau SKD.

Selanjutnya, kata Husni, calon PPK yang lulus administrasi atau berkas, wajib mengikuti tes tertulis yang akan dilaksanakan Rabu (29/1/2020) besok, mulau pukul 09.00 - 11.00 Wita. “Tes tulis bakal kita gelar di Lembaga Penjaminan Mutu Pendididkan (LPMP) NTB Jalan Panji Tilar Negara No.8 Kota Mataram dan yang tidak ikut langsung dinyatakan gugur,” ucapnya.

"Kami juga telah membuat 50 soal untuk ujian tertulis. Dimana materi ujian itu seputar PKPU, Undang-Undang Pilkada, hingga peraturan tata kerja," imbuh Husni.

Ia menegaskan, bahwa  soal dan jawaban seleksi PPK yang dibuat KPU untuk tes tertulis aman dan tidak ada kebocoran keluar. 

"Soal-soal itu sudah dimasukkan kedalam kotak yang tersegel. Saat memasukan kedalam kotak itu, kami juga menghadirkan Bawaslu Kota Mataram dan pihak kepolisan," paparnya.

"Nantinya kita akan buka kotak itu didepan peserta seleksi PPK saat akan dimulainya ujian tertulis tersebut," kata M. Husni Abidin, ketua KPU Kota Mataram.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Mataram

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES