Peristiwa Nasional Virus Corona 2020

Antisipasi Virus Corona, Menkes RI: 21 Kapsul Disiapkan di 19 Daerah

Rabu, 29 Januari 2020 - 12:12 | 50.30k
Menteri Kesehatan RI (Menkes RI), Terawan Agus Putranto (Foto: Setkab RI for TIMES Indonesia)
Menteri Kesehatan RI (Menkes RI), Terawan Agus Putranto (Foto: Setkab RI for TIMES Indonesia)
FOKUS

Virus Corona 2020

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menteri Kesehatan RI (Menkes RI), Terawan Agus Putranto menyampaikan bahwa untuk antisipasi penularan virus Corona di Indonesia, pihaknya telah menyiapkan 21 kapsul - untuk evakuasi maupun isolasi, yang tersebar di 19 daerah.

"Kemenkes itu adalah akan men-support leading sector. Leading sector itu bagaimana cara Kemenkes akan menyiapkan semuanya, sarana prasarana isolasi, rumah sakit dan sebagainya. Itu kewenangan Kementerian Kesehatan," ujarnya di Jakarta, Selasa (28/1/2020).

Menkes mengklaim 21 kapsul evakuasi yang dimiliki itu ditempatkan di daerah-daerah, untuk membawa dari tempat pasien terduga menuju Rumah Sakit. Sementara perawatan di Rumah Sakit sendiri adalah isolasi agar tidak menulari yang lain, juga meningkatkan ketahanan tubuh dengan memberi asupan baik.

"Itu teknik dokter, itu untuk meningkatkan kemampuannya. Ya kan, supaya dia menjadi sehat bisa melawan, imunitasnya bisa melawan virusnya, itu saja," ujar Menkes.

Terkait penempatan 21 kapsul isolasi, Menkes menyebutkan bahwa lokasinya berada di pintu-pintu masuk Indonesia, terutama prioritas pada daerah yang punya kecenderungan tinggi masuknya pendatang dari Tiongkok.

Beberapa rumah sakit yang disiapkan Kemenkes di Jakarta di antaranya adalah RS Sulianti Saroso, RSPAD dan RS Persahabatan yang punya chamber ketahanan negatif, ICU ketahanan negatif dan punya gedung-gedung untuk isolasi.

Menkes RI menambahkan satu gedung nantinya bisa mengisolasi lebih dari 100 sampai 200 orang pasien virus Corona. "Ya, itu bisa kita lakukan. Tergantung aja nanti kayak apa modelnya mau bertahap atau mau langsung itu enggak ada masalah. Yang paling penting kita Kementerian Kesehatan siap," tegas Terawan Agus Putranto. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Dhian Mega
Sumber : Setkab

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES