Peristiwa Nasional

Menkumham RI Yasonna Laoly Copot Dirjen Imigrasi Ronny Sompie

Selasa, 28 Januari 2020 - 19:45 | 52.62k
Menkumham RI Yasonna Laoly. (FOTO: Dok. TIMES Indonesia)
Menkumham RI Yasonna Laoly. (FOTO: Dok. TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia (Menkumham RI) Yasonna Laoly mencopot Dirjen Imigrasi Ronny F Sompie.

Sebagai gantinya, Menteri Yasonna menunjuk Irjen Kemenkumham RI Jhoni Ginting sebagai Pelaksana Harian.

Yasonna menyebut bahwa Ronny Sompie difungsionalkan agar tidak terjadi konflik kepentingan dalam rangka pembentukan tim independen untuk menyelidiki kasus terkait tersangka KPK, Harun Masiku

"Supaya tim independen ini jangan ada conflict of interest saya sudah memfungsionalkan dirjen imigrasi. Jadi sekarang dirjen imigrasi sudah diganti Plh, termasuk Direktur Sisdik Keimigrasian-nya," kata Yasonna di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (28/1/2020), dikutip dari CNN Indonesia

Mengenai tim gabungan, Yasonna merinci terdiri atas Kementerian Komunikasi dan Informatika, Badan Siber dan Sandi Negara, Direktorat Tindak Pidana Cyber Bareskrim Polri, dan Ombudsman.

Tim lintas kementerian/lembaga itu bertugas melacak terjadinya penundaan atau delay soal data keberadaan Harun di Bandara Soekarno Hatta.

"Saya mau kita betul-betul terbuka dan melacak mengapa ini terjadi delay, mengapa data tersimpan di PC terminal 2F bandara," ucapnya.

Ia pun meyakinkan bahwa tim gabungan tersebut terdiri atas berbagai ahli. "Tim-tim yang sangat ahli di situ. Supaya betul-betul independen maka dirjen imigrasi difungsionalkan sekarang ditunjuk Plh," kata Menkumham RI. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES