Peristiwa Daerah

Kanwil DJP Jatim III Harap Media Ikut Partisipasi Beri Edukasi Masyarakat

Senin, 27 Januari 2020 - 23:13 | 27.95k
Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Jawa Timur III (Kanwil DJP Jatim III), Agustin Vita Avantin, saat sambutan di acara Media Gathering di Jalan Ijen, Kota Malang. (FOTO: Adhitya Hendra/TIMES Indonesia)
Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Jawa Timur III (Kanwil DJP Jatim III), Agustin Vita Avantin, saat sambutan di acara Media Gathering di Jalan Ijen, Kota Malang. (FOTO: Adhitya Hendra/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Jawa Timur III / Kanwil DJP Jatim III, Agustin Vita Avantin, mengajak pelaku media untuk turut serta berpartisipasi memberikan edukasi tentang perpajakan kepada masyarakat.

Itu disampaikan Agustin saat bersilaturahmi bersama media se Malang Raya dalam acara Media Gathering di Latar Ijen Resto, Jalan Ijen, Kota Malang, Jawa Timur, Senin (27/1/2020) malam.

“Salah satu tugas kita adalah edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat. Pajak itu tulang punggung negara. Dana pembangunan hampir 90 dari penerimaan pajak. Kalau pajak gak maksimal nanti negara bisa ngutang,” katanya saat sambutan.

Ia mencanangkan untuk mengagendakan kembali pertemuan bersama media ini supaya bisa ada tindak lanjut. Ia juga meminta media untuk saling memberi masukan konstruktif bagi kebaikan kantor pajak.

Agustin melaporkan, penerimaan pajak tahun 2019 lalu cukup bagus. Ada beberapa faktor salah satunya adalah adanya pilpres.

“Ada pertumbuhan sekitar 4,7 persen. Walaupun itu belum capai target, tapi setidaknya bisa lebih baik dan meningkat daripada tahun sebelumnya. Yang jelas kita tumbuh dari tahun lalu. Ini berkat kepercayaan masyarakat,” ujarnya.

Pihaknya berharap adanya kerjasama antar institusi dan masyarakat. Era saat ini kata dia adalah era kolaborasi. Setiap orang atau instansi tidak bisa bergerak sendiri tanpa adanya kerjasama yang baik.

“Karena ke depan, akan banyak investasi. Kami sebagai pemerintah punya harapan bisa bekerja bersama-sama, dan bekerjasama. Tidak bisa kita bekerja sendiri. Harus berkolaborasi,” tegasnya.

Petugas pajak, lanjutnya, tidak hanya bertugas meminta pajak kepada masyarakat. Lebih dari itu, ada tugas edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat. Misalnya, memberikan pendampingan kepada pelaku UMKM, bagaimana keluhan mereka, trik dan tips membuka usaha hingga sukses, bahkan sampai hal teknis dan bingkisan.

“Kita upayakan berikan fasilitasi. Kita ingin produk mereka laku dan sukses, supaya produksinya unggul dan bisa bersaing,” harap Kepala Kanwil DJP Jatim III. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Malang

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES