Pemerintahan

Pemkab Malang Kembali Raih Nilai BB di SAKIP 2019

Senin, 27 Januari 2020 - 16:48 | 27.24k
Bupati Malang, Drs HM Sanusi MM saat meraih nilai Sakip di Bali. (FOTO: Humas Pemkab Malang)
Bupati Malang, Drs HM Sanusi MM saat meraih nilai Sakip di Bali. (FOTO: Humas Pemkab Malang)

TIMESINDONESIA, MALANG – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, memberikan nillai BB untuk Pemkab Malang, pada Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) 2019.

Penilaian ini diterima langsung Bupati Malang, Drs HM Sanusi, MM dari Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur, dan Pengawasan, KemnPANRB RI, Muhammad Yusuf Ateh, Ak, MBA, di Bali, Senin, (27/1/2020).

Nilai BB ini merupakan hasil yang sama, atas penilaian SAKIP 2018. Bupati Malang, Drs HM Sanusi MM mengatakan, penilaian SAKIP ini adalah salah satu langkah konkrit Pemerintah Pusat, mewujudkan reformasi birokrasi.

‘’Penghargaan yang diterima Pemkab Malang tahun ini tingkatan penilaiannya masih sama dengan tahun yang lalu, yakni dengan predikat BB," ujar Sanusi, kepada TIMES Indonesia.

Sanusi menjelaskan, setiap tahun Kementerian PANRB melaksanakan evaluasi atas implementasi SAKIP pada seluruh kementerian, lembaga dan pemerintah daerah untuk mengukur pengguna keuangan negara.

"Penilaian SAKIP ini serta juga menunjukkan bagaimana kemampuan Pemkab Malang melakukan pengelolaan penggunaan anggaran sehingga dapat dipertanggung-jawabkan demi memberikan pelayanan dan kemanfaatan bagi masyarakat," bebernya gamblang.

Menurutnya, evaluasi SAKIP 2019 di Pemkab Malang ada pada 5 unsur Sitem yaitu, Perencanaan Kinerja, Pengukuran Kinerja, Pelaporan Kinerja, Evaluasi Internal oleh APIP dan Capaian Kinerja.

"Dari 5 Indikator dinilai pada Evaluasi tahun 2018 lalu yang diserahkan pada bulan Februari tahun 2019 di Kota Banjarmasin Kalimantan Selatan. Alhamdulillah tahun ini, untuk Kabupaten Malang kembali meraihnya lagi dengan predikat BB dari Kemenpar PANRB," ungkapnya.

Sanusi berharap, Pemkab Malang akan terus melalui meningkatkan kinerja penggunaan keuangan negara, dengan harapan capaian nilai SAKIP pada periode yang akan datang semakin meningkat. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Malang

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES