Peristiwa Internasional Virus Corona 2020

Jokowi: Belum Ada Indikasi Menyebarnya Virus Corona di Indonesia

Senin, 27 Januari 2020 - 15:10 | 47.14k
Ilustrasi.
Ilustrasi.
FOKUS

Virus Corona 2020

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa sejauh ini belum terdapat indikasi menyebarnya Virus Corona ke wilayah Indonesia.

Namun demikian, Jokowi meminta kepada masyarakat untuk tetap waspada dan berhati-hati terhadap virus yang diduga berasal dari China itu.  

"Saya telah menginstruksikan Menteri Kesehatan untuk mengantisipasi wabah virus ini, sekaligus meningkatkan kesiagaan," ujar Presiden Jokowi melalui akun Instagramnya yang dipantau TIMES Indonesia, Senin (27/1/2020).

Sebagai langkah preventif, tulis Presiden, pemerintah telah memperketat pengawasan di bandara untuk mendeteksi dan memantau penumpang yang datang, terutama dari negara-negara yang diperkirakan telah mengkonfirmasi kehadiran virus baru ini. 

"Sebanyak 135 thermo scanner (alat pemindai suhu tubuh) telah diaktifkan di 135 pintu masuk negara baik darat laut maupun udara," ujar Jokowi.

Pemerintah Indonesia, kata Jokowi, juga menyiapkan 100 rumah sakit rujukan dengan fasilitas ruang isolasi terhadap pasien dengan gejala penyakit di paru-paru dan saluran pernapasan lain. Salah satunya RSPI Sulianti Saroso di Jakarta, juga rumah sakit lain di Jakarta dan berbagai daerah.

Virus Corona menyebar begitu cepat dan meluas, dari China hingga ke wilayah lainnya termasuk Asia Tenggara, Eropa, dan Amerika. Ribuan orang telah terjangkit virus corona atau novel coronavirus (nCov) dan puluhan orang meninggal dunia. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES